oleh

Tiga orang Migran tewas dalam kebakaran kapal yang terjadi di Mediterania

TOPIKTERKINI.COM – JEDDAH | Tiga migran yang mengungsi di Eropa meninggal pada hari Minggu ketika kebakaran terjadi di kapal mereka di lepas pantai selatan Italia.

Lima pengungsi lainnya terluka dalam kebakaran itu, dan dibawa ke rumah sakit di kota pelabuhan Crotone di Italia.

Jumlah migran yang mencoba menyeberangi Mediterania ke Eropa tahun ini hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu, menurut badan pengungsi PBB UNHCR – naik 91 persen menjadi lebih dari 14.000 dari Januari hingga Juli.

Ada krisis yang berkembang di pulau Lampedusa di Italia, di mana sebuah perahu nelayan yang membawa hampir 370 migran dari Afrika Utara mendarat pada Minggu pagi.

Sekitar 30 kapal kecil lainnya yang membawa sekitar 500 migran, sebagian besar dari pantai Tunisia, sudah mencapai pulau itu sejak Jumat.

Lampedusa tidak bisa lagi mengatasi situasi ini, ”kata Walikota Toto Martello.

Tiga orang Migran tewas dalam kebakaran kapal yang terjadi di Mediterania

“Entah pemerintah segera mengambil keputusan atau seluruh pulau akan mogok. Kami tidak dapat menangani keadaan darurat dan situasinya sekarang benar-benar tidak berkelanjutan. ”

Para migran yang mendarat pada Minggu menjalani pemeriksaan suhu untuk virus corona sebelum mereka dibawa ke pusat penerimaan darurat di pulau yang sekarang menampung sekitar 1.160 orang, 10 kali lipat dari kapasitas maksimumnya.

“Jika sebuah kapal penangkap ikan sebesar ini dengan ratusan orang tiba di sini dan tidak ada yang memperhatikannya, itu berarti tidak ada kontrol di Mediterania,” kata Martello.

“Tapi apa yang dilakukan kapal militer? Kami tidak berperang, mengapa tidak menggunakannya untuk intervensi keamanan di laut dan untuk memindahkan migran? ”

Sementara itu, 150 migran yang tersisa di kapal penyelamat Louise Michel, yang didanai oleh seniman jalanan Inggris Banksy, dipindahkan pada Minggu pagi ke kapal penyelamat kemanusiaan Sea-Watch 4.

Louise Michel mengeluarkan panggilan darurat pada hari Sabtu saat kapal itu melayang di laut. Sea-Watch 4 sekarang memiliki sekitar 350 orang di dalamnya dan sedang mencari pelabuhan. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed