oleh

KPU Banggai Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilu

TOPIKTERKINI.COM – BANGGAI: Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, hari ini Selasa (1/9/2020) telah membuka pendaftaran rekruitmen Relawan Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2020.

Komisioner KPU Banggai Supriyadi Lawani, SH mengatakan pendaftaran untuk Relawan Demokrasi Pemilihan Serentak Tahun 2020, bertempat di Kantor KPU Banggai.

Untuk tahapan pendaftaran relawan demokrasi mulai 1 sampai 7 September 2020, sedangkan tahapan seleksi mulai tanggal 8 sampai dengan 9 September 2020 dan dilanjutkan dengan pengukuhan sekaligus pelaksanaan Bimtek pada 10 September 2020.

“Pendaftar juga dapat mengirimkan berkasnya melalui email [email protected]” kata Supriyadi Lawani.

Adanya relawan demokrasi dari berbagai kalangan masyarakat sipil diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pada 9 Desember 2020. Target KPU Banggai untuk partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020 adalah 90 s.d.100 persen, sehingga sosialisasi serta keterlibatan wartawan, masyarakat, TNI/Polri akan terus ditingkatkan.

Pendaftaran Relawan Demokrasi dilakukan sesuai protokol pencegahan Covid-19, yakni berkas pendaftaran dibungkus dengan tahan zat cair agar dapat dilakukan penyemprotan cairan desinfektan,, wajib memakai alat pelindung diri seperti masker, dan mematuhi physical distancing.

Untuk diketahui, saat ini telah berlangsung Tahapan Pengumuman Pencalonan Pilkada Serentak 2020 Kabupatan Banggai sudah dilakukan baik secara langsung maupun daring (website, medsos). Adapun persyaratan mendaftarkan Bakal Calon Paslon Bupati dan Wakil Bupati kepada KPU Banggai harus memenuhi perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD Banggai yakni 7 kursi, atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu Anggota DPRD Banggai tahun 2019 yakni 49.845 suara.

Liputan: Utsman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed