oleh

Gelar Sosialisasi, Wabup Tolitoli : ODHA Bisa disembuhkan dengan pengobatan Sportif, Psikososial dan Agama

TOPIKTERKINI.COM – TOLITOLI | Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tolitoli, Rabu pagi (2/9) menggelar sosialisasi program penanggulangan HIV / AIDS di Kecamatan Galang diikuti oleh Camat beserta jajarannya, seluruh Kepala Desa serta komponen masyarakat lainnya di Wilayah Kecamatan Galang.

Selain melakukan sosialisasi, KPA juga membentuk tim penanggulangan HIV-AIDS di Tingkat Kecamatan dan Desa serta membentuk satu Desa Binaan.

Gelar Sosialisasi, Wabup Tolitoli : ODHA Bisa disembuhkan dengan pengobatan Sportif, Psikososial dan AgamaWakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding dalam kapasitasnya selaku Ketua KPA Kabupaten Tolitoli saat membuka sosialisasi itu mengatakan HIV/AIDS sampai saat ini memang belum dapat disembuhkan secara total, sehingga secara umum penatalaksanaan terhadap orang yang sudah terindikasi mengidap HIV/AIDS atau Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dilakukan dengan beberapa alternatif yaitu pengobatan untuk menekan replikasi virus HIV melalui pemberian obat anti retrovirus serta pengobatan untuk mengatasi infeksi HIV/AIDS, seperti jamur, tuberkulosis, kanker, hepatitis, toksoplasma dan lain-lain serta pengobatan suportif seperti makanan yang mengandung nilai gizi yang lebih baik dan pengobatan pendukung lainnya seperti dukungan psikososial dan dukungan agama.

Kepada Tim Penanggulangan yang dibentuk di Kecamatan dan Desa, Selaku Ketua KPA Kabupaten Tolitoli, Wakil Bupati mengharapkan agar jangan hanya sampai pada pembentukan saja tetapi kerja kerja nyata sangat ditunggu dari seluruh anggota tim dalam menanggulangi mewabahnya penyakit HIV /AIDS.

Reporter : ASRIATI
Foto : PADLI TANGAHU
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)
Editor: Resmi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed