oleh

Kembangkan Desa Sadar Pengawasan dan Anti Politik Uang, Bawaslu dan Apdesi Bantaeng Teken MoU

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Untuk melahirkan desa sadar pengawasan dan anti politik uang Ketua Bawaslu Muh. Saleh dan Ketua DPC Apdesi Bantaeng Andi Sufriadi bangun kerjasama, yang ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) yang disaksikan langsung Bupati Bantaeng Dr Ilham Azikin di Ruang Aula Hotel Kirei, jalan Raya Lanto 2/9/2020.

Kerjasama antara Bawaslu dengan Apdesi untuk membentuk desa sadar pengawasan dan anti politik uang. Kerjasama ini menyusul Desa Bonto Tangnga Kecamatan Uluere yang telah lebih dahulu terbentuk. Sehingga dengan MoU ini nantinya akan terbentuk desa lainnya yang sadar pengawasan dan anti politik uang dalam satu kecamatan. Rencana ini disambut baik oleh pengurus DPC Apdesi periode 2020-2025 yang baru dilantik.

Ket gbr: dari kiri ke kanan Emilk (Sekretaris) Apdesi, Ketua DPD Apdesi Sulsel Andi Sri Rahayu Usmi, Ketua DPC Apdesi Andi Sufriadi, Ketua Bawaslu Muh. Saleh, Agt Bawaslu Nuzulia dan Ningsih Purwanti Usai penandatanganan MoU di Hotel Kirei, Rabu 2 September 2020.

Untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pendidikan politik kepada masyarakat, Bawaslu Bantaeng siap memfasilitasi. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Bantaeng Muh. Saleh usai penanda tanganan MoU kepada media ini.

“Dari MoU ini nantinya kita akan melahirkan desa sadar pengawasan dan anti politik uang disetiap kecamatan ada satu desa, yang kedepannya kita berharap yang satu desa ini akan menularkan ke desa desa yang lain dalam satu kecamatan itu” kata Saleh.

Lebih jauh Saleh juga berharap sinergitas dengan lembaga lainnya bukan hanya dengan Apdesi tetapi juga Kejaksaan dan Kepolisian serta Pemda Kabupaten Bantaeng, dalam rangka pendidikan demokrasi, politik kepada masyarakat, paparnya

Selain itu Saleh juga berharap Apdesi memberikan peluang kepada Bawaslu di musyawarah desa, untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada masyarakat, dengan begitu masih kata Saleh, masyarakat bisa lebih sadar pengawasan dan anti politik uang, tuturnya.

Lebih jauh Ketua Bawaslu beropsesi lembaga yang dipimpinnya dapat berpartisipasi memberikan pemikiran dalam forum diskusi dalam rangkaian Pilkades pada sisi pengawasannya.

“Kami berpikiran, kedepan dalam pilkades Bawaslu dihadirkan paling tidak dalam forum diskusi tentang pengawasan Pilkades, meskipun dalam aturan pemilu Bawaslu tidak punya kewenangan mengawasi pilkades” pungkas Saleh.

Ditempat yang sama Sekretaris Apdesi Emilk menyambut baik kerjasama Apdesi dan Bawaslu dalam rangka pendidikan demokrasi dan politik bagi masyarakat.

“Sinergitas dengan lembaga lain seperti Bawaslu, dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi dan pendidikan politik bagi masyarakat dapat kita bangun bersama” kata Emil

Penandatanganan kerjasama (MoU) ini, disaksikan juga ketua KPU Bantaeng Hamzar Hamna serta Komisioner Bawaslu Nuzulia dan Ningsih Purwanti.

Laporan: Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed