oleh

Obat murah ini terbukti menyelamatkan nyawa pasien COVID-19 yang sakit parah

TOPIKTERKINI.COM – LONDON | Steroid yang murah dan mudah didapat telah ditemukan secara signifikan mengurangi risiko kematian bagi pasien yang mengalami gejala serius COVID-19.

Penelitian dari Universitas Bristol di Inggris menemukan bahwa hidrokortison, steroid antiinflamasi, mengurangi risiko kematian pada pasien yang sakit parah hingga 31 persen.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa dua obat anti inflamasi lainnya mengurangi risiko kematian pada pasien yang sakit parah hingga 20 persen.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan keefektifan hidrokortison dan obat steroid lain dalam mengobati pasien COVID-19 yang sakit parah.

Tapi putaran penelitian tentang keluarga obat ini, yang dikoordinasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, adalah yang paling komprehensif.

“Steroid adalah obat yang murah dan mudah didapat, dan analisis kami telah memastikan bahwa steroid efektif dalam mengurangi kematian di antara orang-orang yang paling parah terkena COVID-19,” kata Jonathan Sterne, profesor statistik medis dan epidemiologi di Universitas Bristol.

Martin Landray, profesor kedokteran dan epidemiologi di Universitas Oxford, mengatakan hidrokortison dan steroid lain yang diuji dalam uji coba adalah “obat yang” tersedia secara luas, murah, dan dipahami dengan baik “.

Dia menambahkan: “Obat ini telah ada selama beberapa dekade. Mereka adalah jenis obat yang dipelajari setiap mahasiswa kedokteran segera setelah mereka membuka buku teks farmakologi klinis. ” – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed