oleh

KKN AMKOP dan Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Di Desa Rumbia

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan Mahasiswa KKN AMKOP angk. XXVII menggelar sosialisasi dan pelatihan pengolahan bank sampah di Desa Rumbia Kecamatan Rumbia. (Jumat, 04/08/2020).

Kepala Desa Rumbia dalam sambutannya Supriadi Lolo dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada Mahasiswa KKN AMKOP Angk.XXVII yang telah menggelar sosialisasi tersebut.
“Saya sebagai Pemerintah Desa Rumbia mengapresiasi kegiatan dari adik-adik mahasiswa KKN AMKOP yang bekerjasama dengan DLH Jeneponto menggelar kegiatan ini, semoga dengan pembentukan bank sampah ini dapat menjadi solusi dalam mengurai dan mengurangi sampah di desa kami tercinta ini” ungkapnya.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yakni Abdul Rahmat (Kepala Bidang Pengolahan Sampah DLH Jeneponto) dan Andi. Nurdianza (Sekertaris Asosiasi Pengurus Bank Sampah Indonesia). Abdul Rahmat di hadapan peserta pelatihan mendorong kesadaran masyarakat setempat untuk memahami perlunya pengolahan sampah.
“Untuk kondisi saat ini, pasca semakin berkembang pesatnya industri tentu juga banyak menghasilkan sampah, mau tidak mau ini memaksa kita untuk berdamai dengan keadaan, nah cara yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan sampah tersebut melalui pengolahan sampah selain dapat mengurangi jumlah sampah ini juga bisa menghasilkan tambahan ekonomi masyarakat” tuturnya.

Senada dengan Abdul Rahmat narasumber kedua Andi Nurdianza juga mencoba mendorong masyarakat setempat dengan menggambarkan metode pengolahan sampah yang dapat digunakan.
“Dalam mengelola sampah ada beberapa metode yang dapat digunakan oleh masyarakat diantaranya bank sampah, daur ulang sampah, pengemposan dan pengelolaan dengan sistem 3R. ini semua cukup mudah dilakukan oleh masyarakat jika didorong oleh kemauan dan support pemerintah” terangnya.

Kegiatan yang berlangsung interaktif ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto Basuki Baharuddin, Camat Rumbia Abdul Radjab, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta para tokoh pemuda dan masyarakat setempat.(***) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed