oleh

Penangkaran Agro Prima Sejahtera Sukses Produksi Benih Padi Varietas Ciliwung di Bangkep

TOPIKTERKINI.COM – BANGGAI KEPULAUAN: Guna mendukung program gerakan ketahan pangan di masa Pandemi Covid -19, Kelompok tani penangkaran di Desa Lopito, Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulteng, berhasil memproduksi benih padi padi unggul varietas Ciliwung.

Ketua kelompok penangkarang Agro Prima Sejahtera, Junaedi A Yeta (43), menyebutkan lounching perdana produksi benih padi oleh kelompok penangkaran yang diketuainya itu, telah memproduksi sebanyak 10,6 ton yang benih bersertifikasi dan siap disalurkan ke kelompok tani di Bangkep.

Benih padi yang di produksi untuk penuhi kebutuhan benih musim tanam Oktober 2020 sampai Maret 2021. Benih padi yang dihasilkan tersebut dari hasil pengembangan musim tanam April – September 2020 seluas 8 hektar.

Camat Irwan Mayang bersama ketua kelompok tani penangkaran Agto Prima Sejahtera Jaenudin dan Danpos Serma Ferry. Foto : Amad
Camat Irwan Mayang bersama ketua kelompok tani penangkaran Agto Prima Sejahtera Jaenudin dan Danpos Serma Ferry. Foto : Amad

“Hasil panen perhektar rata – rata capai 4,9 ton gabah, sedangkan khusus benih yang kami siapkan sebanyak 10,6 ton, nantinya akan di salurkan ke petani di Kecamatan Totikum, Totikum Selatan, Tiangkung Selatan dan Tinangkung Utara” kata Junaedi.

Produksi benih varietas Ciliwung pertama kali oleh penangkaran Agro Prima Sejahtera.
Tekhnis pemeriliharaan tanaman tidak sepenuhnya mengikuti petunjuk tekhnis pemliharaan. Seperti penggunaan pupuk, sesuai dengan petunjuk tekhnis pemupukan tiga kali. Tetapi, proses pemupukan hanya dilakukan dua kali. Sedaangkan metode penanaman menggunakan pola tanam jajar legowo 2:1, sesuai dengan ajuran tekhnis penangkaran. “ini merupakan produksi perdana penangkaran Agro prima Sejahtera,” tandas Junaedi.

Camat Totikum Irwan Mayang, mengapresiasih keberhasilan kelompok tani penangkaran yang telah memproduksi beni padi varietas unggul. Capaian itu telah membantu meringankan beban petani. Sebab, selama ini petani di Bangkep kesulitan memperoleh benih yang bersertifikasi.
Kehadiran Penangkaran Agro Prima Sejahtera merupakan salah satu terobosan dalam mensukseskan program pemerintah di bidang ketahanan pangan melalui sector pertanian khususnya padi sawah di Bangkep.

“saya sangat bersyukur keberhasilan kelompok penangkaran di kecamatan ini dapat mendukung program ketahanan pangan di masa pandemi Covid -19.” ungkapnya

Harapanya, sambung Irwan Mayang, keberhasilan ini dapat memotivasi kepada petani – petani di Kabupaten Bangkep, untuk pengembangan areal padi sawah dengan memanfaatkan lahan tidur.
“kami sangat bersyukur lonching perdana benih padi oleh kelompok tani Agro prima sejahtera semoga penangkaran ini terus berjalan normal” ucapnya.

Camat Irwan menambahkan, Kecamatan Totikum terdapat dua penangkaran benih. Yakni, penangkaran benih padi oleh kelomppok tani Agro Prima Sejahtera dan Penangkaran benih Kacang Tanah di Desa Sobonon. Penangkaran benih kacang tanah juga telah berhasil memproduksi benih yang bersertifikasi.

“keberhasilan penangkaran benih padi dan benih kacang tanah telah menunjukan peningkatan sektor pertanian pertanian di Bangkep” tandas Irwan.

Liputan: Amad Labino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed