oleh

Kunker ke Polres Buol, Kapolda Sulteng Himbau Tingkatkan Sinergitas Dengan 3 K

Topikterkini.com. Buol – Kapolda Sulteng Irjen.Pol.Drs Abdul Rakhman Baso, SH melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Buol.Saat kunjungannya Kapolda Abdul Rakhman di dampingi Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makhruf,Pejabat Umum Polda Sulteng yakni Karo Ops Kombes Pol.Laksana, Dir Krimum Kombes Pol.Novia Jaya, Dir Pam.Obvit Kombes Pol.Suprayitno,Kamis (22/10/2020).

Saat memasuki gerbang Mako Polres Buol buol rombongan Kapolda bersama Danrem yang di dampingi Bupati Buol DR.H Amirudin Rauf, Sp.OG,M.Si dan Forkopimda disambut oleh Kapolres Buol Akbp Dhieno Hendro Widodo, S.IK sekaligus di rangkaikan pengalungan bunga oleh duta putra dan putri Buol.

Selanjutnya rombongan bersalaman melewati barisan PJU Polres Buol dan personil menuju ruang Rupatama dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan suhu tubuh.

Usai gelar rapat singkat bersama Bupati Buol dan Forkopimda, Kapolda Sulteng, Danrem 132 Tadulako beserta PJU Polda melaksanakan tatap muka bersama PJU dan jajaran Polres Buol di halaman Mako Polres.

Kapolres Buol Akbp Dhieno Hendro Widodo, S.IK menyampaikan laporan dan pemaparan singkatnya terkait situasi dan kondisi geografi, kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polres Buol, jumlah personil,kendala dan kebutuhan juga capaian selama 2 bulan
memimpin Polres Buol.

“Kabupaten Buol terdiri dari 11 Kecamatan,115 Desa/Kelurahan, 126.179 jiwa, dengan luas wilayah 4443,57 km3, jumlah personil polres 314, Alhamdulillah untuk periode Januari – September 2020 gangguan kamtibmas menurun 79 kasus penyelesaian perkara di banding tahun sebelumnya 13 kasus, angka Lakalantas menurun sebesar 62,3%, penyelesaian perkara mengalami peningkatan sebesar 11,4%,” Sebut Kapolres Dhieno

Akbp Dhieno juga menambahkan terkait permasalahan di bidang ekonomi menyangkut permasalahan buruh di PT.HIP saat ini telah kondusif dan karyawan telah bekerja normal kembali.Terkait penanganan covid-19 di Kabupaten Buol  sinergi dan kolaborasi  tetap solid bersama TGC, dari 63 kasus Covid -19 dimana 61 pasien telah di nyatakan sembuh,1 pasien meninggal dan 1 pasien positif sedang menjalani karangtina mandiri dan telah di lakukan swab pertama dengam hasil negatif sehingga Kabupaten Buol bisa kembali jadi Zona hijau.

Kapolda Sulteng Irjen Pol.Drs Abdul Rakhman Baso, SH saat memberikan arahan mengatakan dalam rangka pelayanan yang baik guna terciptanya kamtibmas yang kondusif sebagai salah satu syarat untuk bagaimana bisa mensukseskan roda pemerintahan, pembangunan di wilayah masing masing dengan membangun sinergitas bersama segenap elemen dalam wilayah kerjanya.

Salah satu wujud Sinergitas di maksud menurut Kapolda dengan terus menjalin Komunikasi, Kordinasi dan Kolaborasi (3K).Lebih jauh Irjen Pol.Rakhman menjelaskan implementasi sinergitas dalam wujud 3K tersebut adalah bagaimana seluruh jajaran Polri di wilayahnya mampu mengedepankan komunikasi dan kordinasi dalam setiap menghadapi permasalahan dan tantangan sehingga Kolaborasinya menghasilkan kerja yang maksimal utamanya apa yang menjadi tupoksi Polri.

” Jangan tertutup, jalin komuniksi dan kordinasi yang baik kedalam maupun keluar kita tidak boleh jalan sendiri,”Tegasnya.

Kapolda juga menekankan jelang pesta demokrasi pilkada 2020 ini kepada segenap jajaran polres Buol agar sinergitas melalui 3K seyogyanya menjadi filosofi dan salah satu metode efektif wujudkan partisipasi Polri dalam rangka mensukseskan pilkada 2020 yang aman,damai dan demokratis.

Sosok jenderal bintang 2  yang  di kenal religius ini juga menghimbau kepada segenap jajarannya agar senantiasa mendekatkan diri dan berserah diri kepada Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa agar dalam melaksanakan tugas senantiasa di berikan perlindungan oleh Allah swt sang Khaliq penguasa jagad raya.

“Jadilah Polisi yang beriman dan bertaqwa bukan hanya jadi Polisi yang beragama,itulah sejatinya,” ucap Irjen Pol.Rakhman

Selepas kegiatan tatap muka di Mapolres Buol Kapolda bersama rombongan di dampingi PJU Polda Sulteng , Kapolres Buol melakukan kunjungan  siraturahim ke istana Raja Buol yang di terima langsung oleh Raja Buol Muh Syafri Turungku bersama Asisten 1 Pemda Kabupaten Buol Suondo.S Tanua,S.Sos dan Samsudin Intam.S.Sos selaku tokoh Masyarakat.Pada kesempatan itu Kapolda memberikan piagam Lencana Polda dan bingkisan cendra mata kepada Raja Buol.

Sebelum bertolak menuju Tolitoli Kapolda Sulteng dan rombongan juga sempatkan kunjungi kediaman salah satu tokoh masyarakat yaitu Ambo Elo di Kelurahan Buol sekaligus memberikan cendra mata sebagai penghargaan Kapolda atas partisipasinya selama ini telah berperan aktif membantu polres Buol sehingga tercipta situasi yang makin kondusif di Bumi Pogogul.

Liputan : Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed