oleh

PJ Sekda Tolitoli Hadiri Panen Raya dengan Tradisi Mappadendang

TOPIKTERKINI.COM РTOLITOLI  | Disambut dengan tarian tradisional, Bupati Tolitoli yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos menghadiri acara Syukuran Panen dan Budaya Mapadendang yang dilaksanakan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Galang di Desa Lapangan Desa Lantapan pada Minggu pagi (25/10).

PJ Sekda Tolitoli Hadiri Panen Raya dengan Tradisi MappadendangKetua Panitia Pelaksana Muhammad Ruslan mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda setiap tahun yang dilaksanakan Gapoktan Kecamatan Galang sebagai wujud rasa syukur atas panen hasil bumi padi dan jagung. Menurutnya, meskipun pelaksanaannya tahun ini ditengah pandemi Covid-19 tetapi pihaknya tetap menerapkan standar protokol kesehatan guna saling menjaga dari penyebaran virus.
Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pj. Sekda Moh. Asrul Bantilan, S.Sos mengatakan, pangan dan kualitas sumber daya manusia adalah dua sisi yang tidak terpisahkan. Pemenuhan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek mendasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Ketersediaan pangan yang bergizi dan sehat mampu meberikan pengaruh signifikan bagi peningkatan indeks pembangunan manusia di daerah tercinta ini.
Dalam mewujudkan swasembada pangan, pemerintah daerah mengalami tantangan antara lain: keterbatasan lahan pertanian karena tingginya alih fungsi lahan serta minimnya ketersediaan air untuk pertanian. Di samping itu, tantangan lain yang dihadapi seperti: degradasi lingkungan, pengaruh perubahan iklim ekstrem, ketidakseimbangan akses terhadap sumber daya, modal dan teknologi antar wilayah, serta lokasi sentra produksi bahan pangan yang masih terpusat di beberapa wilayah. Meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah, berpengaruh pada peningkatan permintaan pangan baik dari segi kuantitas, kualitas, dan keamanan pangan.
Menurut Bupati, kegiatan pesta panen diadakan setiap tahunnya sebagai rasa syukur kepada allah swt atas panen hasil bumi, seperti padi, jagung dan tanaman lainnya. Meskipun ditengah suasana kegembiraan pesta, tentunya kami tetap mengedukasi dan mengingatkan warga untuk senantiasa menggunakan masker serta menegakkan standar protokol kesehatan covid-19.
Kegiatan ini turut dihadiri Anggota Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Asisten Administrasi Umum Setdakab Tolitoli, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, Camat Galang beserta Anggota Unsur Muspika Kecamatan Galang, Para Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Galang, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, Ketua Dewan Adat Kabupaten Tolitoli, Tokoh adat, serta Tokoh Agama.
Pada kesempatan itu, Pj. Sekda Moh. Asrul Bantilan, S.Sos bersama Camat Galang Aspat Bambang, S.Sos berbaur bersama para petani memegang alu yang ditumbukkan pada lesung sehingga membentuk irama yang diiringi dengan tarian sebagai ciri tradisi mappadendang.

Reporter : ASRIATI
Foto :F A I Z A L
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)
Editor: Husni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed