oleh

Bawaslu Bantaeng Gelar Workshop Pengawasan Partisipatif

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng gelar sosialisasi pengawasan partisipatif di Gedung Pemuda KNPI Jalan Elang, Kelurahan Pallantikang, Senin 26/10/2020.

Kegiatan workshop Pengawasan Partisipatif yang dirangkaikan grand final lomba vidio pendek menurut ketua Bawaslu Bantaeng Muhammad Saleh bahwa syarat dan aturan bukan menjadi hal utama untuk dilaksanakan secara ketat. Namun yang menjadi hal yang terpenting dalam proses penilaian dari lomba ini adalah bagaimana melihat kesungguhan peserta dalam proses pembuatan vidio dengan tidak melakukan plagiat, dan yang terpenting lanjut Saleh adalah pesan maupun informasi yang disajikan lewat vidio itu dapat tersampaikan, tutur Saleh.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulsel Koordinator bidang Humas dan Hubal Drs. Syaiful Jihad, M.Ag. sebelum resmi membuka kegiatan workshop ini memberi apresiasi kepada Bawaslu Bantaeng, dimasa pandemi ini masih mampu berkreasi dengan lomba ini, mampu melibatkan anak-anak pelajar secara langsung merupakan langkah strategis dalam mensosialisasikan pengawasan partisipatif.

“Pengembangan demokrasi bukan hanya tanggung jawab KPU dan Bawaslu saja, tetapi kita semua turut berperan dalam mengokohkan demokrasi kita. Saya bangga dengan adanya kegiatan ini, karena di tengah pandemi, kita masih bisa membuka ruang kreatifitas anak”, ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Syaiful yang mengutip salah satu ayat Alquran tang intinya bahwa vidio-vidio yang dihasilkan peserta saat ini akan ditonton sampai anak cucunya dan akan menjadi amal jariyah, pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Bawaslu dan Cabang dinas Wilayah 5 Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulsel tentang pendidikan politik pemilih pemula dalam mewujudkan pemilihan/pemilu yang berkualitas.

Nota kesepahaman bersama juga dilakukan bersama Bawaslu dan Dinas Kominfo dan SP tentang Sinergitas dan kolaborasi penyelenggaraan pendidikan politik menuju demokrasi yang sehat

Hadir pada kesempatan itu antara lain Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas, Anwar Hamido sekaligus bertindak selaku narasumber, Kepala Cabang Diknas Wilayah V Bantaeng-Bulukumba, Bustanul Arifin, Ketua Bawaslu Bantaeng, Muh. Saleh, Komisioner KPU Bantaeng, Ansar Tuba, Kadis DiskominfoSP Bantaeng, Syahrul Bayan yang diwakili oleh Kabid Humas DiskominfoSP, Andi Sukmawati, para perwakilan kecamatan, serta para pemilih pemula tingkat SMA sederajat.
Laporan : Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed