oleh

Antisipasi Bencana Alam, Satgas Bencana Sinjai Gelar Apel Kesiapan Personel dan Peralatan SAR

TOPIKTERKINI.COM – SINJAI | Bertempat di Halaman Kantor Bupati Lama Sinjai, jalan Ahmad Yani, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Satgas Bencana Kab. Sinjai menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II kesiapan personel dan peralatan SAR dalam rangka antisipasi bencana alam, pada hari Minggu (15/11/2020) pukul 08.00 wita.

Bertindak selaku pemimpin apel Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM perwira Apel Kasat Binmas Polres Sinjai Akp Bakhtiar, S.H dan komandan apel Ipda Sangkala, SH dan dihadiri oleh Kapolres Sinjai Akbp Iwan Irmawan S.Ik.,M.Si Sekdakab. Sinjai Drs. Akbar Mukmin, M.Si unsur Forkopimda, para OPD dan tamu undangan lainnya.

Apel bertujuan untuk mengecek kesiapan personel gabungan Polres Sinjai, TNI Kodim 1424 Sinjai, BNPB Sinjai, Satpol.PP dan Damkar Sinjai serta instansi terkait lainnya beserta peralatannya dinyatakan siap siaga dalam mengantisipasi bencana alam di Kabupaten Sinjai.

Bupati Sinjai dalam sambutannya yang intinya menyampaikan bahwa gelar pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II ini mempunyai arti penting dan strategis dalam upaya perlindungan wilayah dan masyarakat dari setiap ancaman bencana yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

“Dengan gelar pasukan operasi kontijensi Aman Nusa II ini akan menjadi wahana konsolidasi bagi segenap pihak untuk lebih meningkatkan koordinasi, memperkuat sinergitas, membangkitkan kewaspadaan, mempertegas kesiapsiagaan, mempererat kerja sama dan memperteguh komitmen untuk senantiasa hadir memberi pelayanan dan perlindungan kepada segenap masyarakat dari berbagai macam ancaman bencana.

Lanjut Bupati Sinjai bahwa kondisi geografis wilayah Kabupaten Sinjai yang terdiri dari pesisir dan pulau- pulau kecil, dataran hingga perbukitan dan pegunungan, menjadikan Kabupaten Sinjai sebagai wilayah rawan terjadi bencana seperti banjir, gelombang tinggi, tanah longsor, angin kencang, kekeringan, serta kebakaran lahan dan hutan, yang apabila tidak diantisipasi dengan baik akan berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan ketertiban masyarakat serta dampak kerugian material, kehilangan harta benda, bahkan bisa berakibat terhadap jatuhnya korban jiwa.

“Salah satu upaya antisipasi nyata yang dilakukan hari ini melalui momentum Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa II adalah mengecek kesiapan personel dan peralatan sebagai sumber daya pertama dan utama yang diharapkan dapat mobilisasi saat terjadi bencana.

“Kita melakukan upaya dan langkah antisipasi yang diharapkan dapat meminimalisir bakal dampak yang akan ditimbulkan, oleh karena itu mari jadikan momentum apel gelar pasukan sebagai wahana untuk mengevaluasi dan mempersiapkan dengan matang para personel yang akan dilibatkan, mengoreksi ketersediaan dan kelayakan peralatan yang akan digunakan, mempertegas kejelasan sasaran, menyamakan kesatuan tindak, membuka ruang partisipasi, meningkatkan kegiatan mitigasi dan edukasi, mengedepankan pelayanan perlindungan serta mengutamakan keselamatan bersama.

Diakhir sambutannya, Bupati Sinjai mengatakan seluruh pihak untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana di wilayah kabupaten Sinjai.

Setelah pembacaan amanat Bupati Sinjai selesai, Bupati Sinjai, Kapolres Sinjai dan tamu undangan berkeliling mengecek kesiapan pasukan dan peralatan.

Laporan: Andi Burhanuddin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed