oleh

Bawaslu Buol Lantik dan Berikan Bimtek 301 PTPS Pilgub Sulteng

Topikterkini.com.Buol – Bawaslu Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah melantik seluruh Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se – Kabupaten Buol, Minggu (15/11/2020).

Pelantikan 301 PTPS itu digelar secara serentak di masing-masing wilayah di 11 Kecamatan

Tidak hanya dilantik, PTPS juga mendapatkan beberapa materi tambahan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan dalam kegiatan tersebut.

Kepada Media ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Buol Suhardi Badolo,S.Pd, M.Pd menyatakan beberapa tahapan telah mereka lewati dalam perekrutan PTPS. Tahapan perekrutan sendiri sudah dimulai sejak bulan Oktober lalu. Mereka juga telah melewati proses seleksi wawancara.

“Karena sudah melakukan seleksi dan kualifikasinya sesuai maka hari ini dilakukan pelantikan yang dilakukan serentak,” kata Suhardi.

Ketua Bawaslu Buol Suhardi Badolo melanjutkan nantinya mereka yang dilantik akan bertugas saat prosesi pemungutan suara di masing-masing TPS. Mereka bertugas di garda terdepan untuk mengawal dan mengawasi prosesi pemungutan suara Pilkada Sulteng agar berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Di jelaskannyaya bahwa peranan PTPS akan sangat berdampak dalam kontestasi pilkada Sebab, TPS merupakan lokasi yang sangat rentan terjadi konflik. Beberapa diantaranya seperti kemungkinan terjadi money politic (Politik Uang), intervensi dari pihak luar terhadap pemilih yang akan memilih serta kemungkinan lainnya yang dapat mengganggu jalannya pilkada.

“Oleh karena itu, dari 301 PTPS nantinya mereka akan ditempatkan sesuai dengan TPSnya masing-masing di desa/Kelurahannya dalam.rangka memaksimalkan fungsi pengawasan,”terang Ketua Bawaslu.

Pelantikan PTPS yang di laksanakan sejak hari ini,mengikuti jadwal yang telah di tetapkan secara Nasional sekaligus pembekalan dan bimbingan Tekhnis, diantaranya materi penguatan kelembagaan, Tungsura dan materi materi lainnya terkait fungsi pengawasan.

Saat kegiatan pelantikan yang di rangkaikan pembekalan dan bimbingan tekhnis, Bawaslu Kabupaten Buol tetap menekankan untuk selalu mendisiplinkan diri mematuhi protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan,gunakan masker dan menjaga jarak agar terhindar dari penularan Covid-19.

Liputan : Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed