oleh

KPU Tolitoli Siap Hadapi Gugatan Peserta Pilkada 2020

TOPIKTERKINI.COM.TOLITOLI – Komisi Pemilihan Umum kabupaten Tolitoli melalui Komisioner Divisi Hukum dan pengawasan Irwan B, memberikan keterangan terkait ditundanya tahapan pengumuman penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tolitoli periode 2021-2025.

Irwan kepada media ini, Kamis (14/1/2021) menjelaskan mengapa hingga saat ini belum di tetapkannya pasangan calon pemenang pilkada, hal ini dikarenakan adanya gugatan salah satu pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi.

Lanjut Irwan, sesuai peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 8 tahun 2020 tentang tahapan dan perkara hasil pemilu tahun 2020 dimana pasangan calon nomor urut 02 mengajukan sengketa hasil di MK dan sejauh ini seluruh dokumen sudah masuk pada tahapan pemeriksaan kelengkapan perbaikan permohonan pemohon.

Dikatakannya dalam tahap ini KPU masih menunggu apakah Mahkamah Konstitusi akan memberikan dan akan menunggu pencacatan permohonan pemohon, dalam nomor EBRPK ketika terbit nomor Eb Rpk, KPU akan menunggu pada tanggal 18-19 Januari 2021 ketetapan Mahkama Konstitusi, dan KPU secara keseluruhan akan siap melaksanakan Gugatan permohonan pemohon.
KPU sendiri secara keseluruhan dalam hal ini siap menerima gugatan permohonan pemohon dengan beberapa dalil dari pemohon dan KPU akan menyiapkan keseluruhan secara fisik semua bukti.

‘Kami akan mempersiapkan seluruh alat bukti dokumen data ketika perkara pemohon sudah dapatkan registrasi dan nomor EBRPK oleh MK maka KPU Tolitoli telah mempersiapkan untuk proses pengambilan beberapa dokumen yang di sengketakan atau di dalilkan oleh pemohon,”Ungkap Irwan.

Ia juga mengatakan sejauh ini KPU Tolitoli dalam menghadapi gugatan permohonan pemohon sudah menyiapkan lawyer atau kuasa hukum yang akan mendampingi KPU dalam menghadapi gugatan tersebut.

“KPU Tolitoli sudah membuat Tim kelompok kerja untuk menghadapi gugatan permohonan pemohon untuk beberapa Minggu kedepan,”tegas Irwan.

Lanjutnya jika sesuai dengan tahapan yang berjalan berdasarkan jadwal perkara di Mahkamah Konstitusi pada tanggal 18-19 Januari akan ada penyampaian salinan permohonan kepada termohon Bawaslu setelah registrasi di EBRPK di Mahkamah Kontitusi sehingga akan diberikan permohonan pemohon kepada termohon yakni KPU dalam hal ini KPU akan memberikan semua dokumen data yang menjadi dalil dari pemohon yakni Paslon 02.

Irwan juga mengatakan dari tanggal 18 hingga 20 Januari 2021 ada pengajuan permohonan sebagai pihak terkait dalam hal ini Bawaslu Kabupaten Tolitoli.

“Gugatan ini berdampak pada penetapan Paslon terpilih Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Tolitoli, kami harus mematuhi prosedur hukum yang berlaku ketika ada sengketa di ajukan Ke MK maka KPU Tolitoli akan melakukan penundaan penetapan pasangan calon dan menunggu putusan Mahkama konstitusi, paling lambat 5 hari setelah putusan dari MK baru di lakukan pleno penetapan pasangan calon terpilih,”pungkasnya.

Liputan : Andi Iswana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed