oleh

Yunani menginginkan tekanan Uni Eropa pada Turki untuk mengambil kembali migran

TOPIKTERKINI.COM – Athena: Yunani menyerukan Kamis kepada otoritas Uni Eropa untuk lebih menegakkan kesepakatan migran 2016 yang penting dan memastikan bahwa Turki mengambil kembali hampir 1.500 orang yang permintaan suaka ditolak.

Menteri Migrasi Yunani Notis Mitarachi mengatakan pemerintahnya telah mengajukan “permintaan” kepada Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, dan badan perbatasan Frontex “untuk segera kembali ke Turki” dari kurang lebih 1.500 “warga negara ketiga yang tidak berhak atas perlindungan internasional. ”

Di bawah pakta UE-Turki 2016 yang secara tajam membendung aliran migran ke Eropa, Ankara telah berjanji untuk mengambil kembali migran yang tidak berhak atas perlindungan internasional, dengan imbalan bantuan miliaran euro.
Tetapi Ankara telah lama menuduh UE tidak memenuhi kesepakatannya sementara terus menampung lebih dari 3,6 juta pengungsi Suriah.

“Eropa perlu membentuk mekanisme bersama untuk menangani masalah ini dalam Pakta Migrasi dan Suaka yang baru, serta menerapkan mekanisme hukum dan operasi yang diperlukan untuk mencapai pengembalian,” kata Mitarachi dalam sebuah pernyataan.

Di antara penuntut suaka yang lamarannya telah “secara meyakinkan” ditolak dalam banding, 995 berada di Lesbos, 180 di Chios, 128 di Samos dan 187 di Kos, kata kementerian migrasi.
Hanya 139 pengembalian yang terjadi pada 2020 sebelum Turki menghentikan proses pada Maret karena pandemi virus corona, kata Athena, Kamis.

“Kami mengharapkan Turki untuk meningkatkan upayanya di bawah Pernyataan Bersama,” kata Mitarachi.
“Pertama, mencegah lewatnya kapal yang berangkat dari pantainya menuju negara kita dan Uni Eropa. Dan kedua menerima pengembalian migran, atas dasar Pernyataan Bersama UE-Turki, tetapi juga, atas dasar perjanjian penerimaan kembali bilateral yang ada, ”katanya.

Uni Eropa pada bulan Desember mengatakan telah mengalokasikan ke Turki enam miliar euro penuh ($ 7,3 miliar) yang dijanjikan pada tahun 2016.

UE mengonfirmasi telah menerima permintaan Yunani.
“Komisi menyadari tantangan yang dihadapi oleh Yunani dan terus mendukung setiap upaya untuk melanjutkan kembali dari pulau-pulau Yunani ke Turki sebagai bagian dari implementasi Pernyataan Uni Eropa-Turki,” kata juru bicara Komisi Eropa Adalbert Jahnz kepada AFP.

Uang Uni Eropa telah dialokasikan untuk proyek sosial tertentu di Turki untuk membantu pengungsi dan tidak akan dibayarkan langsung kepada pemerintah Turki. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed