oleh

Aparat Gabungan Operasi Pasar Simpong dan Permandian Kilo Meter 5

OPIKTERKINI.Com, BANGGAI – Guna mencegah penularan Virus Covid -19 di Kabupaten Banggai, TNI Kodim 1308/Luwuk Banggai bersama Polres Banggai, Sat Pol PP dan Tim Medis, Minggu pagi (31/1/2021) merazia tempat keraiman seperti, Pasar Simpong dan Wisata Permandian Kilo Meter 5.

Operasi Penegakan Pendisiplinan Kesehatan (OPPK) dipimpin langsung Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf Fanny Pantouw, guna menekan angka penularan virus Covid -19 di Banggai, dengan menyambangai pedagang, pengunjung pasar dan wisatawan untuk menghimbau agar selalu menggunakan masker ketika berada diluar rumah.

Dandim Letkol Inf Fanny Pantouw memberikan keterangan pers usai kegiatan OPPK. FOTO: Ahmad Labino

Dandim Letkol Inf Fanny Pantouw menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan kampanye pencegahan Virus Covid -19. Para pengunjung pasar maupun pelaku usaha dihimbau agar tetap patuh pada protocol kesehatan.

Kampanye pencegahan Covid tak hanya di darat tapi melalui laut. Personil TNI menggunakan Speed Boat membawa spanduk bertulis ajakan, 3 M, Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan.

“kita ajak warga untuk tetap menjaga diri, karna yang menjadi korban bukan hanya kita tetapi keluarga kita, fisik kita kuat tetapi fisik keluarga kita dirumah tidak akan kuat terhadap virus ini” pesan Dandim Fanny.

Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo menambahkan, OPPK digelar karena melihat kondisi masyarakat banggai terlebih khusus dalam kota luwuk masih minim kesadaran terhadap protocol kesehatan. Melalui OPPK gabungan dari Kodim 1308/LB bersama Polres Banggai, Sat Pol PP dan Tim Medis itu dapat merubah pola hidup masyarakat dalam mencegah penularan virus Covid -19.

Bagi pelaku usaha yang tidak patuh akan diberikan sanksi berupa penutupan usaha berdasarkan edaran yang telah dikeluarkan oleh Pemda Banggai.

Sanksi tersebut mengingat saat ini pasien terkonfirmasi telah mencapai 730 orang. Sementara pasien yang meninggal dunia capai 30 lebih orang. Sementara kondisi ruang pelayanan pasien dan petugas medis di RSUD Banggai terbatas, sehingga masyarakat diharapkan untuk patuh dan displin pada prokes Pencegahan Covid-19.

OPPK oleh Kodim 1308/LB juga dilaksanakan secara serentak di Tiga Kabupaten yaitu,  Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut yang merupakan wilayah territorial.

Liputan: Ahmad Labino  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed