oleh

Pers Dimata Sekjen DPP LSM Arak Nusantara

Topikterkini.com-Jeneponto-Pada hari ini 9 Pebruari 2021, hari para jurnalis karena tepat hari ini diperingati sebagai hari pers, juga sebagai pesta rakyat, kenapa demikian, karena pers adalah salah satu pilar demokrasi yang menyuarakan kebebasan berekspresi dan bersuara menyampaikan gagasan dan kritik lewat tulisan sebagai karya jurnalistik.

Dalam bingkai negara demokrasi prespektif demokrasi mengacu pada kebebasan pers sebagai pilar demokrasi yang menyuarakan aspirasi dan gagasan dalam menyampaikan suara rakyat dan juga sebagai alat kontrol terhadap kekuasaan.

Pers memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan kekuasaan, sehingga mandat rakyat tidak disalahgunakan oleh eksekutif, legislatif dan yudikatif..

Pembungkaman pers oleh rezim penguasa sama saja mematikan demokrasi itu sendiri. Pekerja jurnalis pernah merasakan Kungkungan rezim orba yang anti kritik , pembredelan pers adalah “senjata” ampuh rezim melanggengkan kekuasaan dan kerakusannya ketika itu.

Seiring dengan berjalannya waktu orde baru tumbang, Indonesia sebagai nation bersama anak bangsanya memilh jalan demokrasi sebagai pijakan.

Dan kebebasan pers sebagai pilar utama demokrasi, dengan menjaga independensi selain pemberi informasi kepada masyarakat maka pers adalah imam kebangsaan dalam menyuarakan kebenaran dan keadilan.

Menjadi jurnalis adalah pilihan profesi yang terus mengembangkan potensi dirinya, mendiagnosis dan mendiskripsikan hal hal yang terjadi di sekitar kita, itulah inti pekerjaannya., sehingga bisa menghasilkan berita yang berkualitas dan lengkap.

Kepada teman teman pers jadilah jurnalis yang jujur dan amanah, hilangkan berita settingan dan framming yang merusak fundamental jurnalistik.

Selamat hari pers Nasional Tahun 2021
Penulis : Muhammad Nasir ibrahim
Sekjen DPP LSM Arak-Nusantara
Dan redaktur topikterkini.com.(***) 

Komentar

News Feed