oleh

Wartawan Bisa Berperan Aktif Sosialisasikan Prokes ke Masyarakat

TOPIKTERKINI.Com, BANGGAI – Upaya untuk menekan penyebaran Virus Covid -19 di Kabupaten Banggai oleh Satgas Covid terus dilakukan. Peran tersebut tanpa terkecuali di kalangan pewarta.
Demikian disampaikan juru bicara Satgas Covid Banggai, Nurmasita Datu Adam, pada sosialisasi kampanye peningkatan kewaspadaan transmisi lokal penyebaran Covid-19, Kamis pagi (11/2/2021) bertempat di halaman Kantor Sekretariat PWI Banggai.

Nurmasita menyarankan agar wartawan saat beraktivitas peliputan untuk membekali diri dengan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai upaya untuk melindungi diri. Ia menambahkan, Kabupaten Banggai secara umum merupakan zona merah, untuk wilayah per Kecamatan penyebaran Covid tertinggi terdapat di Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan, Luwuk Utara, dan Toili, sehingga di butuhkan peran serta wartawan untuk membantu menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) ke masyarakat.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan tugas peliputan wartawan harus tetap menjaga jarak dengan nara sumber.

Sementara terhadap jurnalis yang pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif, diharapkan kepada pimpinan media untuk tidak mengizinkan melakukan aktivitas peliputan.
Ia juga mengingatkan kepada pewarta untuk tidak melakukan peliputan ketika kondisi fisik tubuh tidak mendukung, seperti merasakan badan kurang enak, demam, dan lainnya. “Patuhi prokes, dan sebelum hingga sesudah peliputan, lakukan sterilisasi diri,” ujarnya.

Ia mengatakan, teman-teman wartawan, bukan hanya terus waspada saat bertugas, namun bisa ikut menyosialisasikan aktif prokes ke masyarakat, di samping kewaspadaan kita semua sangat diharapkan agar bisa menghentikan penyebaran Covid-19 di Banggai,” pesan Nurmasita.

Wartawan diharapkan agar selalu melakukan evaluasi kesehatan dengan cara melakukan rapid tes secara berkala.

Kampanye Kewaspadaan Transmisi Lokal Covid-19 di kalangan wartawan merupakan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 oleh PWI Banggai yang didukung Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori). Kegiatan tersebut Memaparkan pola transmisi lokal penyebaran covid, dan upaya untuk mewaspadainya, baik untuk kalangan wartawan maupun publik secara umum.

Liputan: Ahmad Labino

Komentar

News Feed