oleh

Taman Baca Macanga Ri Bontoramba Diresmikan, Bunda Paud Bagikan KTA dan School KIT

Topikterkini.com-Jeneponto- Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar didampingi Ketua TP-PKK yang juga sekaligus Bunda PAUD, Hj. Hamsia Iksan resmikan taman baca memorial “Macanga ri Bontoramba”, di Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, 11/2/2021.

Diperesmian Taman Baca Masyarakat (TBM) “Macanga ri Bontoramba” yang dihadiri sejumlah Anggota DPRD, Kepala OPD, Kabag, Kabid Humas, Camat, Kepala Kelurahan dan Kepala Desa se Kecamatan Bontoramba, Ketua TP-PKK, Hj. Hamsiah Iksan yang juga sekakigus Bunda PAUD Kabupaten Jeneponto didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Nur Alam Basir secara simbolis membagikan KTA dan Shcool KIT kepada beberapa anak perwakilan PAUD di Kecamatan Bontoramba.

Bupati Jeneponto, Iksan Islandar dalam sambutannya mengatakan, Bontoramba adalah salah satu daerah besar, kerana telah mencetak banyak sejarah yang panjang, tempat lahirnya orang-orang hebat, termasuk mencetak tiga Bupati.

“Di Bontoramba ini, telah melahirkan banyak orang hebat, ada tucaraddena (Cendekiawan), Tubaranina (Kesatria) dan juga Panritana (Ulama), juga telah mencetak tiga Bupati termasuk saya, sehingga sebagai masyarakat Bontoramba kita patut berbangga dan konsisten menjaga warisan sejarah itu,” katanya.

Sementara Camat Bontoramba, Nur Lewa Saat mengatakan, kegiatan ini adalah merupakan hal yang bersejarah bagi masyarakat Kecamatan Bontoramba, karena Kepala kelurahan, Kepala Desa serta tokoh pemuda bersama-sama berpartisipasi dalam pengerjakan dan penyelesaikan Taman Baca Masyarakat “Macanga ri Bontoramba” yang kemudian menjadi ikon baru dikabupaten Jeneponto.

Menurutnya, Bontoramba Sejatinya bukan sekedar ruang dalam peta geografi tetapi lebih dari itu, Bontoramba adalah wilayah dan peradaban yang memiliki jejak sejarah yang panjang dan besar

“Dimasa lalu Bontoramba adalah pusat kerajaan binamu, melekat karakter masyarakat yang menggambarkan kekayaan nilai budaya, perjuangan, cara berpikir, cara hidup dan bergaul sehingga menginspirasi berdirinya suatu daerah yang kita sebut Jeneponto,” ungkapnya.

Mantan ketua KNPI kabupaten Jeneponto ini menjelaskan, tujuan pembangunan TBM memorial Macanga ri Bontoramba bukan hanya sekedar ruang publik atau ruang terbuka hijau, tatapi sekaligus sebagai upaya refleksi sejarah.

“Selain sebagai ruang terbuka hijau, tujuan pembangunan TBM ini juga atas dasar pertemuan angan, mimpi, visi dan keinginan para camat sebelum kami, keyakinan tokoh masyarakat bonto ramba tentang tradisi dan narasi monumental dikenal sebagai macanga ri bonto ramba ini disematkan kepada raja binamu ke-XVIII tahun 1911-1921 atas nama pallengkei daeng lagu,” jelasnya.

Camat Bonoramba yang alumni UGM ini, optimis meskipun kedepan menjadi masa yang sulit ditengah pandemi covid-19 yang melahirkan adaptasi dan kebiasaan baru dalam kehidupan bermasyarakat.

“Tapi situasi tersebut, tidak menjadikan kita harus berhenti menjalankan visi Bontoramba yang lebih baik. Melaui kesempatan ini saya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jeneponto Hj. Hamsiah Iksan, meski waktu telah berlalu, tetapi ucapan akan selalu berarti sebuah doa,” ucapnya.(***)¬†

Laporan : Usman S
Editor : M. Nasir Ibrahim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed