oleh

Muh Asnawi Sahadia, SH: Menitipkan Pesan “Pentingnya Edukasi Pemahaman Hukum Terhadap Masyarakat Butur”

TOPIKterkini.com – BUTON UTARA | Pengamat praktisi hukum Muh Asnawi Sahadia, SH, menitipkan pesan berat kepada pemerintah Buton Utara terkhusus Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada periode tahun 2021-2026, “Pentingnya Edukasi Tentang Pemahaman Hukum Terhadap Masyarakat Buton Utara”

Tingginya kesadaran hukum disuatu wilayah akan memunculkan masyarakat yang beradab. Karenanya, kesadaran hukum perlu dibangun sejak dini, tidak harus menunggu setelah terjadi pelanggaran dan penindakan oleh penegak hukum.

Upaya pencegahan ini sangat penting dan harus dimulai dari dalam keluarga sebagai bagian terkecil masyarakat, mengigat dengan hadirnya beberapa institusi pengayom dan penegakan hukum di Buton Utara, salah satunya adalah Polres Buton Utara. Dimana sebagai lembaga pro justisia, masyarakat ikut semangat dalam menegakan supermasi hukum.

Hal itu disampaikan Muh Asnawi Sahadia, SH melalui via cellulernya pada Sabtu tanggal 13 Februari 2021 kepada awak media TOPIKterkini.com

Muh Asnawi Sahadia, SH meminta kepada pemerintah ikut terlibat melakukan edukasi kerja-kerja pemahaman hukum dalam bentuk budaya, seni atau seminar hukum kerja sama kepolisian atau dengan advokat/pengacara. Karena semagat paradigma berpikir hukum sendiri tidak menutup kemungkinan akan menciptakan sikap offer confidednce menjalankan konstruksi batasan delik delik KUHPidana hingga pada akhirnya menciptakan tindak pidana baru.

Bang Nawi sapaan akrabnya, ia menitipkan pesan berat kepada pemerintah Buton Utara khususnya di pemerintahan yang baru, untuk bidang hukum menjadikan program prioritas.

“Buta huruf masih bisa kita cari makan sendiri, tapi buta hukum kebanyakan hanya di kasih makan di ompreng,” tutupnya.

Laporan : Jean Arsat.

Komentar

News Feed