oleh

DPRD Tolitoli Gelar Rapat Paripurna Usulan Pengesahan Pengangkatan Bupati Terpilih Pilkada 2020

Topikterkini.com.Tolitoli – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli, Jumat petang (19/2) menggelar rapat paripurna dalam rangka Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2020 di ruang sidang utama Suwot Lipakat.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Moh. Randi Saputra, AR didampingi Wakil Ketua I Jemmy Yusuf, SP dan Wakil Ketua II Hi. Abd. Azis Bestari, ST serta dihadiri oleh seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tolitoli Drs. Budhy Y. Katiandagho menjelaskan sesuai amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, DPRD Kabupaten/Kota mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati/ Wali Kota kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian.

Lanjut Budi, oleh karena KPU Kabupaten Tolitoli telah menyampaikan hasil penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli terpilih tahun 2020, atas dasar tersebut DPRD menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan pengusulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli terpilih hasil Pilkada Serentak tahun 2020.

Saat membuka rapat paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Moh. Randi Saputra, AR dalam pengantarnya mengatakan kita sama mensyukuri, bahwa rangkaian Pilkada Kabupaten Tolitoli telah selesai. Untuk itu kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan tanggung jawabnya sehingga Pilkada tahun 2020 di daerah ini bisa berjalan lancar.Ketua DPRD Randy secara khusus atas nama Lembaga DPRD sekaligus mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli.

Randi juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua dan seluruh Komisioner KPU Kabupaten Tolitoli dan seluruh jajarannya termasuk PPK, PPS dan KPPS, serta kepada Bawaslu beserta seluruh jajarannya di semua Kecamatan, Desa dan Kelurahan yang telah bekerja keras melaksanakan Pilkada tahun 2020 lalu.

Ucapan terimakasih dan penghargaan juga disebutkan ketua DPRD kepada seluruh Paslon Bupati/Wakil Bupati bersama tim kampanye masing-masing, secara khusus Randi juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan karena telah berperan langsung membangun demokrasi lewat Pilkada.

Hal yang sama juga disampaikannya kepada unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah beserta seluruh jajarannya yang telah mengawal dan memberikan situasi yang kondusif sehingga seluruh rangkaian Pilkada dapat dilalui dengan lancar.

Pada kesempatan itu, Randi menyampaikan keyakinannya bahwa suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak adalah berkat kerjasama dan saling pengertian dari semua komponen terutama seluruh Paslon Bupati/Wakil Bupati, Penyelenggara, Pengawas Pemilu, Pemerintah Kabupaten Tolitoli, seluruh unsur Forkopimda, aparat keamanan dan terlebih lagi kesadaran dan partisipasi masyarakat yang tinggi.

Ditambahkannya, bahwa selama lima tahun kepemimpinan Bapak Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH sebagai Bupati dan Bapak Hi. Abd. Rahman Hi. Budding sebagai Wakil Bupati Tolitoli, banyak dinamika terjadi dalam pemerintahan daerah, banyak situasi yang dilalui dan banyak hal yang dihadapi bersama. Berbagai persoalan yang menyangkut urusan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan datang silih berganti dengan segala dinamikanya. Semua itu melengkapi perjalanan dan proses pembangunan yang dilaksanakan bersama, yang arahnya pada terciptanya kehidupan masyarakat yang demokratis, berkeadilan, makmur dan sejahtera di daerah ini.

Untuk itu dirinya bersama unsur pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kedua mantan Bupati dan Wakil Bupati itu atas kerjasamanya menyelenggarakan pemerintahan daerah bersama DPRD Kabupaten Tolitoli.

” Selama lima tahun, kita telah bisa meletakkan dasar-dasar dan bersama-sama menarik gerbong menuju arah yang tepat untuk terus mendorong daerah ini menjadi lebih maju, sehingga masyarakat bisa menilai, bahwa kerja dan pengabdian selama lima tahun telah memberikan banyak manfaat bagi perkembangan daerah ini,” kata Randi.

Mengakhiri pengantarnya, Moh. Randi Saputra, AR menyampaikan ajakannya kepada semua elemen masyarakat untuk mendukung program pembangunan pemerintah Kabupaten Tolitoli dibawah pimpinan Amran Hi. Yahya dan Moh. Besar Bantilan selaku Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli terpilih, saat akan memulai tugasnya.

Dia mengatakan seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tolitoli mengucapkan selamat kepada Amran Hi. Yahya dan Moh. Besar Bantilan yang akan memimpin Kabupaten Tolitoli untuk periode 5 tahun kedepan.

“Kami bersama seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli, mendoakan agar tugas yang mulia ini dapat dijalankan dengan baik, yang dilandasi dengan keikhlasan dan menjunjung tinggi demokrasi serta peka terhadap tuntutan aspirasi masyarakat,” tegas Randi.

Sehari sebelumnya, KPU Kabupaten Tolitoli telah menetapkan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Tolitoli terpilih dalam Pilkada Tahun 2020 melalui Surat Keputusannya Nomor 11/PL.02.7-Kpt/7204/KPU-Kab/II/2021.

Dalam agenda rapat paripurna DPRD, Keputusan KPU Kabupaten Tolitoli itu dibacakan oleh Sekretaris DPRD Drs. Budhy Y. Katiandagho.

Rapat Paripurna tersebut turut dihadiri oleh Pelaksana Harian Bupati Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Calon Bupati Tolitoli terpilih Amran Hi. Yahya, unsur Forkopimda, Ketua dan seluruh Komisioner KPU, Ketua dan Anggota Bawaslu, sejumlah pejabat Pemerintah Daerah dan insan pers di Kabupaten Tolitoli.

Laporan: Andi Iswana

Komentar

News Feed