oleh

PP JAMINDO : Resmi Laporkan PT KMS 27 dan PT. Sangia Perkasa Raya Ke Mabes Polri

TOPIKterkini.com – Jakarta | Pengurus Pusat Jaringan Advokasi Masyarakat Indonesia (PP JAMINDO) resmi melaporkan dua perusahaan tambang PT. Karya Murni Sejati 27 (PT.KMS 27) dan PT. Sangia perkasa raya. Pada Senin tanggal 22 Februari 2021 sejak pukul 13:19.

Presidium Pengurus Pusat Jaringan Advokasi Masyarakat Indonesia (PP JAMINDO) Muh Gilang Anugrah (MGA) mengatakan, bahwa dua perusahaan tersebut yang kami duga sangat ilegal dan sampai sekarang masih beraktivitas tanpa ada izin dan dokumen.

“Pelaporan tersebut berdasarkan hasil penelusuran kami, sepengetahuannya selain dua perusahaan yang beroperasi di Blok Mandiodo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, masih ada beberapa perusahaan yang melakukan aktivitas tanpa ada izin/dokumen. Dan mereka melakukan aktivitas diatas IUP PT Antam.tbk,” ungkapnya melalui via whatsup (22/02/2021).

Menurut Gilang, selain PT. KMS 27 dan PT. Sangia Perkasa Raya ada juga beberapa perusahaan di Blok Mandiodo yang melakukan aktivitas tanpa di bekali izin, terlebih PT. KMS 27 dan PT. Sangia Perkasa Raya dan beberapa perusahaan lainnya beroperasi di atas IUP PT. Antam Tbk, dengan berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 225/K/TUN/2014.

“Perusahaan tersebut tidak lagi mempunyai hak untuk melakukan aktivitas penambangan, sebab sesuai putusan MA PT. Antam Tbk adalah kuasa atas lahan tersebut sejak 2014 sampai sekarang, tetapi yang terjadi di lapangan PT. KMS 27 dan PT. Sangia Perkasa Raya bersama perusahaan lainnya masih melakukan aktivitas dengan leluasa” tegas MGA

Sementara itu, Kompol Agus. P Kasubag Divisi Humas Mabes Polri mengatakan, bahwa pihaknya akan segera melayangkan surat ke Kabareskrim dan klarifikasi terhadap dua perusahaan itu serta berkoordinasi ke Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait penyelidikan dugaan ilegal mining dua perusahaan tersebut.

“Kami akan sesegera mungkin menyurat ke Kabareskrim dan pihak perusahaan terkait serta ke Polda Sultra, kami meminta kawan-kawan mahasiswa PP JAMINDO yang dari Sultra bisa membantu kami dalam menangani persoalan ini,” pungkasnya.

Laporan : Tim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed