oleh

Wabup Buol Lauching Kampung Tangguh Polres Buol di Kelurahan Kulango

Topikterkini.com.Buol – Wakil Bupati Buol. Abdulah Batalipu, S.Sos, M.S.i, secara resmi melaunching Kampung Tangguh,”Kambung Mokotaan” Polres Buol Kelurahan Kulango Kecamatan Biau, Rabu (23/2/2021).

Pencanangan perdana Kampung Tangguh di Kabupaten Buol tahun 2021 ini, di laksanakan di Halaman Kantor Kelurahan Kulango di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan pembacaan doa oleh Ketua RT OOI Kelurahan Kulango.

Wakil Bupati Buol, Abdulah Batalipu mengatakan atas nama Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan penuh terhadap program Kampung Tangguh yang Mulai hari ini resmi di canangkan oleh Polsek Biau, Polres Buol.

Menurut Wabup Abdulah Batalipu yang juga Ketua Satgas Covid-19 ini, bahwa kunci utama melawan Virus ini adalah disiplin melaksanakan ketentuan dari pemerintah dan disiplin menerapkan aturan protokol kesehatan.

“ini adalah wujud komitmen pemerintah untuk bersama sama memutus rantai penyebaran Covid-19 yang secara nyata meresahkan
masyarakat dan menghancurkan perekonomian,”ujar Wabup.

Sehingga menurutnya sinergitas dan kolaborasi seluruh elemen pendukung adalah sesuatu yang bersifat mutlak dalam rangka mensukseskan program 100 hari Kapolri.

“Ini program yang sangat efektif, kita tangguh melawan Covid dan kita tangguh dalam menjaga ketahanan pangan,”imbuhnya saat menutup sambutannya yang di lanjutkan Tabuk gong peresmian Launching Kampung Tangguh Polsek Biau Polres Buol

Camat Biau, Jufrin Is, Lamadang, SE dalam laporannya menyebutkan bahwa untuk mendukung suksesnya program Kampung Tangguh atau “Kambung Mokotaan,” dalam kamus bahasa daerah Buol, olehnya Pemerintah kelurahan Kulango telah menyiapkan lahan seluas 70 hektar.

“Ada 70 Hektar dari ketersediaan lahan yang belum di garap, ini akan di siapkan untuk penyangga sektor ketahanan pangan dimasa pandemi ini,”kata Camat Jufrin.

Pada kesempatan itu dia juga mengatakan bahwa sebagai wujud dukungan penuh dari program Kampung Tangguh Polsek Biau, Polres Buol, pada (6/2/2021) lalu, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi, pengawasan sekaligus penyemprotan rumah warga di kelurahan Kulango Bersama Kapolsek Biau Iptu.Jaozi, And.Kep Beserta jajarannya.

Ditambahkannya selain fokus mensukseskan Program kampung tangguh, Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan bersama Sat.Pol.PP akan melaksanakan penertiban ternak yang berkeliaran.

“Mulai tanggal 1 Maret kami akan laksanakan gerakan tangkap ternak berkeliaran khusunya di wilayah Kota,,”tegasnya

Sekaitan dengan suksesnya program Kampung Tangguh, camat Biau mengucapkan terimakasih dan penghargaannya kepada Kapolres Buol, Kapolsek Biau Beserta personilnya atas launching Kampung Tangguh ini.

“Saya berharap dalam penanganan kegiatan ini kita semua harus berperan, baik itu panitia maupun pengurus yang terbentuk bisa bekerja dengan maksimal,”harap camat Jufrin.

Kapolres Buol AKBP, Dieno Hendro Widodo, S.I.K, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Kampung tangguh Nusantara selain program 100 hari Kapolri, juga menjadi bukti kesungguhan Polri membantu pemerintah dalam menanggulangi Pandemi covid-19 yang hingga saat ini belum berkesudahan.

Kapolres juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas dukungan  dari pemerintah Daerah beserta jajarannya, teristimewa support penuh dari warga setempat.

“Kelurahan kulango dan enam Kelurahan lainnya Tangguh, Kecamatan Biau pasti Tangguh dan jika seluruh Kecamatan di Buol juga Tangguh maka Kabupaten Buol pasti tangguh dan mampu memutus rantai covid-19,”ungkap orang nomor satu di Polres Buol.

Usai memberikan sambutan, Kapolres Buol menyerahkan Piagam Penghargaan kepada camat Biau, Lurah Kulango, Adi Cipto, S.IP, Bhabinkamtibmas, Briptu Pipin Aditya serta menyerahkan bantuan Al-Quran dan Iqra untuk di berikan ke masjid dan TPA di Kelurahan Kulango.Acara Launching Kampung Tangguh ” Kambung Mokotaan,”Polsek Biau Polres Buol di akhiri dengan gunting pita Posko pelayanan Kampung Tangguh Kelurahan Kulango oleh Kapolres Buol.

Launching turut di hadiri oleh Pabung Buol Kodim 1305-BT, Mayor, Inf.Jeffry Mamonto, Kadis Kesehatan, Rizal Nauokoko, S.Si, Direktur RSU Mokoyurli, dr.Arianto Panambang, Para Lurah se-Kecamatan Biau, Kapolsek Biau, Iptu Jaozi. Amd. Kep., Kanit Bimas Polsek Biau, Ipda Walidi, Kanit Binmas Polsek Momunu, Ipda Ridwan, Jajaran Pemerintah Kecamatan Biau dan Kelurahan Kulango beserta Tokoh masyarakat.

Liputan: Husni Sese

Komentar

News Feed