oleh

Lahirkan Petani Handal, Program YESS Bantaeng Mulai Action

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Pertemuan Forum pemangku kepentingan tingkat Kabupaten Bantaeng (District multi Stakeholder Forum) Program Youth Enterpreneurship & Employement Support Services (YESS) berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng Jalan Andi Mannappiang, Jum’at 19/3/2021.

Wakil Direktur II Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa Ir. Hermaya Rukka mengatakan melalui program YESS, akan melahirkan petani yang handal berjiwa Enterpreneurship, ucap Hermaya

Program YESS laksanakan Pertemuan dengan pemangku kepentingan di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Jum’at, 19 Maret 2021.

Dihadapan pemangku kepentingan Kabupaten Bantaeng Ketua Tim PPIU Program Yess wilayah Sulsel ini, memaparkan program YESS yang akan dilaksanakan tahun 2021.

Dia menyebut program YESS mendorong pemuda lebih mencintai pertanian, dengan Sasaran utama umur antara 17 sampai 39 tahun. Program ini juga, lanjut Hermaya, bertujuan bagaimana pemuda diberdayakan ditingkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam berusaha, sebutnya.

Dia juga menuturkan bahwa Kelompok ini, nanti diberikan pelatihan-pelatihan. Generasi milenial akan mempelajari beberapa pengertian tentang kewirausahaan, pelatihan tentang bagaimana membuat perencanaan bisnis, pelatihan tentang keuangan, tutur Hermaya.

Lebih jauh dikatakan Hermaya Bahwa dari pelatihan itu mereka, dapat meningkatkan pendapatan kemudian menciptakan lapangan kerja, dengan demikian kita dapat menekan angka pengangguran.

Program yang telah hadir sejak tahun 2019, dengan melakukan pendataan, tahun 2021 ini akan dimulai pelatihan pemuda-pemuda yang adanya di masyarakat itu, mereka dilatih jadi pemuda handal  dibidang kewirausahaan pertanian.

“Program ini sudah mulai berjalan tahun 2019, tapi kita dalam tahun awal itu masih pendataan” jelasnya. tetapi action, untuk memberikan, meningkatkan kapasitas kemampuan dalam hal berwirausaha ini, baru di tahun 2021 ini.

“jadi lebih awal, kita siapkan dulu tempat latihannya kita memberi support tentang tempat-tempat pelatihan. yang akan di berikan program Yess di Bantaeng, tandas Hermaya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bantaeng Andi Novrita Langgara yang turut hadir juga mengakui dirinya bangga sebagai petani dia juga berharap dari pelatihan yang diberikan program ini petani milenial disini mampu menciptakan lapangan pekerjaan

“Kami sangat berharap mudah-mudahan pemuda petani kita juga bisa menciptakan lapangan kerja dan dia menjadi petani yang handal”, harapnya.

Mantan Ketua DPRD Bantaeng ini mencontohkan dirinya sebagai politikus tetap bangga menjadi petani. “saya kasih contoh ya karena saya ikut di dunia politik tapi saya selalu tetap mengatakan bahwa saya adalah petani karena Saya bangga dengan petani. mudah-mudahan pemuda petani kita juga dapat melakukan hal yang sama”, kata Andi Novrita dan itu harapan saya untuk adik-adik pemuda, pungkasnya.

Laporan : Armin

Komentar

News Feed