oleh

Pohon ‘Sakura’ Jadi Ikon Baru di Bantaeng

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Peremajaan pohon terus dilakukan pemerintah kabupaten Bantaeng melalui Dinas Lingkungan Hidup, tahun 2021 ini akan mendatangkan pohon Tabebuya sebanyak 570 pohon.

Hal ini diungkapkan Plt Kadis DLH Nasir Awing di ruang kerjanya Jalan Pahlawan Kelurahan Bontosunggu Kecamatan Bissappu, Selasa 23/3/2021.

“Pemerintah Kabupaten Bantaeng menganggarkan pengadaan pohon tabebuya sebanyak 570 pohon” ungkap Nasir.

Langkah ini dilakukan pemkab Bantaeng untuk menggantikan ratusan pohon yang dinilai sudah tidak layak dipertahankan bahkan membahayakan bagi rumah warga maupun pengguna jalan yang melintas saat cuaca ekstrim, jelas Nasir.

“Dari hasil seleksi pohon yang sudah tidak layak dipertahankan itu berjumlah 400an pohon, dan tidak kurang dari 100 pohon yang telah ditebang selama kurang lebih setahun dilaksanakan” kata Nasir. Dan sebagai gantinya telah ditanam pohon Tabebuya sejumlah 200 pohon tahun 2020, tahun ini dianggarkan 570 pohon, papar Nasir.

Menurut Nasir, pohon ini (Tabebuya, Red), beda dengan pohon-pohon jenis lain karena bunganya sangat cantik dan dikenal sebagai pohon sakuranya Indonesia, tuturnya.

Lebih lanjut Plt Kadis DLH ini juga menuturkan bahwa keinginan Pemerintah Kabupaten yang dinahkodai Ilham-Sahabuddin, untuk tetap mempertahankan kebersihan dan keindahan, khususnya Kota Bantaeng.

Pohon Tabebuya ini, akan disebar pada tempat-tempat publik yang menjadi tujuan wisata, baik warga domestik Kabupaten Bantaeng maupun dari luar Kota Bantaeng.

Pohon ini diharapkan menjadi salah satu ciri dan akan menjadi ikon baru yang akan memperindah Kota Bantaeng, pungkasnya.

Laporan : Armin

Komentar

News Feed