oleh

Sampaikan nilai kepusakaan dan budaya kesejarahan Buton Utara, Wakil Bupati Butur Hadiri Pra Kongres JKPI

TOPIKTERKINI.COM – BANDA ACEH | Wakil bupati Buton Utara Ahali, Sh, Mh, bersama Ibu wakil Ketua Pkk Amalia Ahali, didampingi Kadis Pariwita Kab. Buton Utara Harlin Hari, S.pd, M.Si bersama rombongan tiba di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh dalam rangka menghadiri acara Pra Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia ( JKPI ), Minggu 28 Maret 2021 sekitar pukul 14.30 wib

Kedatangan rombongan wakil bupati Buton Utara disambut oleh Forkopimda Banda Aceh yang dipimpin oleh Fadhil, S.sos, MM (Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik)

Saat penyambutan tersebut bersamaan dengan kota lain yaitu Kota Ternate, Kota Bogor, Kota Probolinggo dan Kota Pekalongan

Rencana seminar pra Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia akan berlangsung selam 2 hari yaitu tanggal 29 maret 2021 s/d tgl 30 Maret 2021 dan sebagai ketua presidium JKPI yaitu GIBRAN RAKA Bumin Raka Walikota Surakarta.

Dalam kegiatan tersebut tentu Diharapkan agar seluruh daerah dapat menyampaikan nilai-nilai budaya, kesejarahan yang merupakan tiang inti utama dalam pendirian suatu bangsa di dunia, tidak terkecuali Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itulah, Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, SH, MH, memiliki agenda untuk menyampaikan nilai kepusakaan, budaya kesejarahan Buton Utara didalam pra kongres JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia), sebab Buton Utara merupakan bagian wilayah Kesultanan Buton dimasa lalu dan hingga hari ini, yang memiliki kedaulatan, tatanan peradaban kemanusiaan baik dari aspek sosial politik kekuasaan yang sudah mempraktekan demokrasi, yakni anak seorang sultan tidak serta merta mewarisi tahta orang tuanya, Dan ini merupakan nilai kepusakaan yang lebih dari bentuk wujud benda pusaka seperti keris dan lainnya. Karena mengatur esensi manusia yang memiliki kesamaan harkat dan martabat dihadapan Tuhan.

Tentu, dalam bukti wujud pusaka kesultanan banyak di wilayah Buton Utara, diantaranya Benteng Lipu di Kecamatan Kulisusu- Ereke yang tentu memiliki unsur pusaka dari berbagai aspek, seni budaya, pernak pernik bukti kepusakaan. Dan terdapat juga Benteng Gantara yang memiliki air terjun, dibalik air terjun ada gua yang menyerupai ruangan lengkap meja dan benda lainnya, serta benda pusaka dari aspek wujud kebendaan.

Kenapa salah satu tempat Benteng Gantara yang disampaikan, selain benteng Lipu di Kulisus Ereke. Karena Dalam kisah yang diperbincangkan ditengah sebahagian masyarakat ada penuturan bahwa Pahlawan Nasional, La Karambau Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi pernah jadi Lakina Kambowa. Artinya, ini juga bisa menjadi bagian nilai kepusakaan dalam bentuk alur cerita yang bisa saja ada peninggalan nilai pusaka tertentu, wujud pusaka lainnya.

Keseluruhan dalam perspektif Kota Pusaka, Buton Utara tentu memiliki kelayakan dan kepantasan untuk ikut menyatu dengan kota lainnya yang memiliki nilai pusaka sepeti Kota Surakarta ( Solo ) dan lainnya.

Ahali, SH.MH, berpendapat, secara umum tentu pra kongres JKPI merupakan upaya nyata yang harus menjadi keseriusan daerah untuk menjadi salah satu perekat persatuan dan kesatuan bangsa, papar Ahali.

JKPI mesti menjadi ruang bagi daerah untuk menunjukan dirinya, dari aspek kepusakaan, termasuk Butur agar ciri khas dan jadi dirinya dalam wujud kepemilikan pusaka dalam bingkai khasanah kenusantaraan yang kaya akan sumber daya pusaka dari berbagai jenis bentuk dan keunikan lainnya yang Tuhan limpahkan, mesti diperlihatkan kepada publik yang lebih luas, tutur Ahali, SH, MH, Wakil Bupati Butur yang dari Polisi ke Politisi ini.

Semoga ke depan kita lebih peka dan mendalami nilai kepusakaan bagi daerah Butur demi kemajuan peradaban kemanusiaan yang lebih luas dan penuh manfaat. Tutup Ahali yang dihubungi via WA berada di Aceh daerah serambi mekkah

Laporan: Jean Arsat

Komentar

News Feed