oleh

Ketua PWI Banggai Ingatkan Wartawan untuk Patuhi Kode Etik Jurnalis

TOPIKTERKINI.Com, BANGGAI – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banggai, Iskandar Djiada mengingatkan agar para wartawan, utamanya yang bertugas liputan di daerah ini, untuk tidak menyalahgunakan profesi sebagai jurnalis.

Imbauan Iskandar ini terkait dengan adanya beberapa peristiwa yang melibatkan nama profesi wartawan.

Diantaranya kasus dugaan percobaan pemerasan dan kasus tagihan iklan di salah satu lembaga pendidikan yang saat ini mengemuka melalui pemberitaan.

“Saya menghimbau kepada seluruh wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI, untuk selalu menaati kode etik jurnalistik. Khususnya poin 6, yakni tidak menyalahgunakan profesi,” tulis Iskandar dalam rilisnya yang diterima Kamis (08/04).

Hal ini sengaja dipertegas Iskandar untuk menjaga harkat dan martabat profesi wartawan sebagai orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik.

Dikatakannya, wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI dan bertugas di berbagai area atau pos liputan, untuk selalu menjaga hubungan dengan mitra kerjanya.

Namun tidak bertindak berlebihan seolah-olah sudah menjadi bagian dari unit kerja yang menjadi area atau pos peliputannya.

Selain itu, Iskandar yang juga Pimpinan Umum Banggai Raya ini meminta pada teman-teman untuk tidak membawa-bawa nama PWI Banggai atau ketua PWI Banggai, bila terkait dengan uang atau pemberian uang dan barang dari siapapun, yang tidak jelas maksud dan tujuannya.

“Berbeda bila ada pemberian atau bantuan untuk PWI Banggai, dilaksanakan dengan maksud yang jelas dan terbuka untuk kegiatan organisasi,” tandasnya

SUMBER : LUWUKTIMES.ID

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed