oleh

Semrawut, Dinas Kumdag Bantaeng Tertibkan Pedagang Pasar Sentral

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Jelang Ramadhan Kepala bidang Perdagangan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Bantaeng Samson, libatkan Satpol PP. tertibkan, pedagang pasar Sentral Baru Kelurahan Bonto Atu Kecamatan Bissappu, Senin 12/4/2021.

Samson bersama puluhan personil Satpol PP menghimbau pedagang di Pasar sentral untuk tidak menggunakan trotoar apalagi sampai masuk ke badan jalan.

Menurut Samson, yang ditemui pewarta, usai operasi penertiban mengatakan yang dilakukan hari ini hanya sebatas himbauan agar pedagang yang berdagang sampai ke badan jalan, dengan kesadaran agar memindahkan sendiri dagangannya lebih kedalam agar lebih teratur dan tidak mengganggu pengguna jalan.

“kali ini belum ada tindakan, yang kami lakukan masih berupa himbauan kepada pedagang pasar agar tidak menggunakan badan jalan untuk berdagang” ucap Samson.

Hal ini dibenarkan salah seorang pedagang yang tak ingin disebutkan namanya “tadi memang ada pegawainya Perdagangan kesini pak, tidak ada yang ditertibkan” kata pedagang. Satpol PP, tadi hanya menyuruh kita jualan lebih ketepi dari jalan ini, tambahnya.

Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Faisal, S.STP. yang dikonfirmasi via ponselnya membenarkan tindakan yang dilakukan anggotanya.

“Itu Kewenangan dinas Kumdag pak, Satpol PP hanya membantu personil saja, dan kewenangan secara teknis ada pada dinas Kumdag” kata Faisal dari balik ponselnya.

Menurut Faisal, Satpol PP sebagai penegak Perda berkewajiban mengawal penyelenggaraan perda, kata Faisal. Lanjut dijelaskan, terkait penggunaan trotoar, ini diduga melanggar Perda Nomor 5 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah,

Lebih lanjut dijelaskan Faisal bahwa Trotoar adalah aset tetap milik daerah itu menjadi kewajiban kami untuk menjaganya, tambahnya.

“Dinas Kumdag masih memberi toleransi sampai selesai Ramadhan, sementara akan dikoordinasikan dengan pengelola pasar terkait ketersediaan lapak yang ada didalam pasar tersebut” jelas Faisal.

Faisal juga berharap ada solusi dari pengelola pasar agar pedagang yang berjualan diluar pasar mendapatkan lapak didalam pasar.

“Setelah lapaknya disiapkan didalam pasar, baru kemudian akan dilakukan relokasi, agar trotoar dan jalan terbebas dari pedagang” bebernya.

Selain pedagang pasar, pemanfaatan badan jalan oleh petugas Parkir juga akan di koordinasikan dengan Dinas Perhubungan,

“Selain Pedagang pasar petugas parkir juga, akan dikoordinasikan dengan kadisnya, pasalnya selain pedagang, petugas parkir juga menggunakan badan jalan” Pungkas Faisal.

Laporan : Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed