oleh

Puluhan Ribu Calon Penerima BLT UMKM 2021 Diusulkan Diskumdag Bantaeng

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Bansos UMKM 2021 atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk pelaku usaha mikro kembali dikucurkan pemerintah. Yang membedakan dengan tahun sebelumnya pelaku usaha menyertakan foto didepan usahanya. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskumdag) Kab. Bantaeng M. Arief di Ruang kerjanya Senin, 26/4/2021.

“Banpres Produktif Usaha Mikro tahun ini berbeda dengan tahun lalu, selain nominal bantuan tahun ini ada syarat foto calon penerima didepan usahanya” jelas Arief.

Bedanya dengan tahun lalu, tahun ini BPUM yang diberikan tidak lagi Rp2,4 juta melainkan Rp1,2 juta per penerima. Keputusan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 2 Tahun 2021, tambah Arief.

Kabid UKM Hj Jumriati Masita, yang turut mendampingi Sekretaris Diskumdag mengatakan bahwa selain penerima tahun lalu, tahun ini Diskumdag kembali mengusulkan tambahan UKM Baru.

“Sampai hari ini, batas penerimaan berkas usulan baru, Diskumdag telah mengirimkan sebanyak 5.795 UKM, menyusul penerima tahun sebelumnya 20 ribuan” kata Hj. Jumriati Masita.

Usulan ke Kemenkop melalui Dinas Koperasi Provinsi, tambahnya.

Kebenaran data penerima bansos BLT UMKM 2021 ini menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul BPUM. Setelah itu, pengusul BLT UMKM menyampaikan usulan calon penerima kepada dinas koperasi UMKM di tingkat provinsi.

Usulan dari dinas koperasi tingkat provinsi kemudian diberikan kepada Kementerian Koperasi dan UMKM yang bertanggung jawab pada program BPUM BLT UMKM 2021.

Penerima Bansos UKM tahun 2021 ini Dinas Koperasi satu-satunya pengusul, tandas Hj. Jumriati.

Laporan : Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed