Sea Soldier Sulut gelar aksi konservasi dan edukasi terumbu Karang

TOPIKTERKINI.COM – MANADO | Seasoldier Sulawesi Utara (Sulut) kembali menggelar aksi konservasi, kali ini mengelar aksi transplantasi karang di Pantai Malalayang, Kota Manado, Sabtu (24/04/2021) kemarin.

Sea Soldier Sulut gelar aksi konservasi dan edukasi terumbu KarangPada transplantasi karang Seasoldier Sulut mengambil tema ‘Coral Seasoldier’ sebagai bentuk kepeduliannya akan salah satu ekosistem pesisir dan laut yang penting ini.

Karang banyak fungsinya, kali ini tanggapan dari Sekretaris Panitia Kegiatan Transplantasi Karang Seasoldier Sulut, Nadya Kakunsi saat diwawancarai, Senin (26/04/2021). Ia mengatakan, salah satu fungsi karang buatan (artificial reef) yaitu untuk menciptakan ekosistem baru bagi biota laut yang diantaranya adalah ikan dan krustasea.

Pada hari pertama diletakkannya struktur rak karang Seasoldier Sulut di dasar laut, sudah ada beberapa ikan terumbu yang datang dan berdiam di dalam struktur. “Ikan terumbu karang yang berdiam di struktur ini ada 3 jenis yakni ikan kepe-keep (Chaetodon Kleinii) dari Family labridae dan 2 jenis lainnya yaitu Thalasoma lunare_ dan _Cheilinus trilobatus_,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Panitia Kegiatan Transplantasi Karang Seasoldier Sulut ‘Coral Soldier’, Gerry Tintingon menambahkan, kegiatan ‘Coral Soldier’ tujuannya untuk merehabilitasi serta mengembalikan fungsi ekologi terumbu karang, adapun tujuan lainnya adalah sebagai objek wisata bawah air, dan ini juga bentuk kepedulian Seasoldier Sulut terhadap ekosistem terumbu karang.

Bukan itu saja, Seasoldier Sulut menggelar kegiatan ‘Coral Soldier’ guna membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya ekosistem terumbu karang, dari segi edukasi melalui postingan maupun aksi nyata yang diperlihatkan di akun sosial media Seasoldier Sulut baik Facebook (Seasoldier Sulut) maupun Instagram (@seasoldier_sulut).

“Ada 50 bibit Karang yang kami tanam pada struktur rak karang Seasoldier Sulut, kiranya semuanya bisa bertumbuh dengan baik. Dengan aksi ini, Ia mengharapakan kedepannya makin banyak yang perduli akan ekosistem terumbu karang,” tutur Gerry.

Terpantau media, 20-an anggota Seasoldier Sulut yang hadir pada kegiatan ‘Coral Soldier’, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Laporan: Putras Saleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *