oleh

Tanggap Kondisi Masyarakat, Babinsa Koramil 1308-07/Pagimana Komsos Desa Terpencil

TOPIKTERKINI.Com,BANGGAI – Menyikapi kondisi masyarakat di daerah terpencil, Babinsa Koramil 1308 – 07/Pagimana melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) ke Desa Balean dan Desa Bahingin, Kecamatan Lobu, Kabupaten Banggai, Sulteng, Kamis pagi (29/4/2021).

Komsos Kopda Jeki Ajabae, menghimbau masyarakat untuk waspada dengan kondisi curah hujan yang tinggi, terutama warga yang memiliki kebun dipinggiran sungai.

Jeki Ajabae mendapat keluhan dari masyarakat dua yang kini mengalami kesulitan akses menuju ibu kota kecamatan.

Kesulitan itu dikarenakan satu satunya jembatan penghubung putus akibat banjir sungai lobu pada pertengahan April 2021.

Saat ini masyarakat hanya mengandalkan tambangan atau rakit sebagai sarana transportasi penyeberangan.

“Warga yang berada di sekitar sungai waspada dan siaga serta memantau kondisi arus sungai apabila curah hujan tinggi” pesanya saat Komsos.

Masyarakat dua desa yang berada diseberang sungai berjumlah 254 kepala keluarga. Desa Balean berjumlah 167 KK, dan Desa Bahingin 87 KK.

“saat jembatan putus mereka tidak memiliki jalur lain, dan hanya mengandalkan tambangan rakit” tandasnya.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 1308 – 07/Pagimana, Kapten Inf Tommy K Rambut, menghimbau Babinsa untuk aktif memantau kondisi desa binaan, terlebih khusus desa daerah terpencil.

Himbauan itu dikarenakan beberapa desa diwilayah Teritorial Koramil 07/ Pagimana rawan akan bencana banjir dan tanah longsor yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kondisi saat ini sedang musim penghujan, diharapkan seluruh Babinsa aktif pantau desa binaan nya masing –  masing terlebih khusus daerah terpencil” Kata  Tommy K Tambut.

Pasca jempatan putus diterjang banjir masyarakat hanya mengansalkan alat transportasi tambangan.Foto: Istimewa

Komsos dengan masyarakat binaan tambah dia, guna mentetahui kondisi masyarakat. Wilayah teritorial Koramil 07/Pagimana rawan dengan bencana banjir dan tanah longsor.Koramil 07/Pagimana membawahi tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Pagimana, Kecamatan Bualemo dan Kecamatan Lobu dengan jumlah desa sebanyak 60 desa dan 3 kelurahan.

Kecamatan Pagimana memiliki luas wilayah 957,34 Km persegi dengan jumlah Desa 30 dan 3 Kelurahan. Kecamatan Lobu memiliki luas wilayah 800 Km persegi dan 20 desa. Kecamatan Lobu sebanyak 10 desa luas wilayah 138,44 Km persegi.

Tiga wilayah tersebut rawan banjir dan tanah longsor. Setiap tahun selalu mengalami bencan banjir dan tanah longsor. Dengan kondisi tersebut, personil Babinsa untuk siaga memantau kondisi wilayah binaan.

Liputan: Amad Labino

Komentar

News Feed