oleh

Perketat Prokes, Satgas Covid Bantaeng Bolehkan Shalat Ied di Lapangan

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Pemerintah Kabupaten Bantaeng pusatkan pelaksanaan salat idul fitri 1442 H, di Lapangan Pantai Seruni, Bantaeng. Meski demikian, Pemkab Bantaeng juga tetap memberikan imbauan untuk pelaksanaan salat idul fitri di masjid-masjid terdekat yang digunakan shalat Jum’at.

Hal ini ditambahkan Kabag. Kesra Setkab Bantaeng Syamsul Alam, saat konfrensi pers di Kantor Bupati Rabu, 5/5/2021, kemarin.

“Untuk mengurai konsentrasi masyarakat ke Lapangan Pantai seruni kami, mengimbau masjid masjid untuk menggelar shalad ied” jelas Syamsul.

Hal ini diamini Kadis kesahatan Andi Ihsan, dia juga memaparkan, bahwa Lapangan Pantai Seruni akan menggunakan enam akses masuk yang dijaga tim medis, dan TNI-Polri.

Dia juga memastikan, tidak akan ada tempat cuci tangan pakai sabun di lokasi. Tujuannya untuk menghindari penumpukan/ kerumunan.

“Kami akan lebih memilih penggunaan Hand Sanitizer. Kami juga mengimbau untuk tetap menyiapkan hand sanitizer pribadi,” jelas dia.

Selain itu, Lapangan Pantai Seruni juga akan menerapkan Physical Distancing secara ketat, dan jemaah diimbau untuk tidak melakukan kontak fisik.

“Jadi kami imbau tidak ada kontak fisik. Seperti salaman, dan cipika-cipiki,” jelas dia.

Antisipasi Penumpukan di Pasar

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan yang juga sekaligus juru bicara tim gugus Bantaeng mengatakan, tim gugus juga saat ini telah berupaya untuk menekan sebaran Covid-19 di pasar-pasar yang ada di Bantaeng.

“Kami memberikan tambahan petugas kesehatan di setiap pasar-pasar utama di Bantaeng. Seperti pasar Lambocca, sentral dan kawasan yang diperkirakan dapat terjadi penumpukan masyarakat,” jelas dia.

Dia menambahkan, tim kesehatan akan terus mengingatkan warga akan pentingnya menjaga jarak, dan memakai masker. Setiap pasar akan terus dilakukan sosialisasi ini.
“Sosialisasi pasar-pasar ini akan mulai dilakukan besok (hari ini)” pungkasnya.

Laporan : Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed