oleh

Lebih Dari 40 Rumah Warga di Kecamatan Lobu Terendam Banjir, Ketinggian Air Sampai 1 Meter

TOPIKTERKINI.Com,BANGGAI – Sedikitnya 40 rumah warga di Kecamatan Lobu, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu malam (5/5/2021) terendam banjir. Ketinggian air yang merendam mulai dari 30 Cm sampai setinggi 1 Meter.

Banjir sungai Lobu yang meluap ke rumah warga akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah pegunungan sejak sore hari sekitar pukul 14.00 Wita sampai 17.00 Wita. Penyebab lain adalah tanggul penahan sungai jebol dan ambruk.

Bintara Pembina Desa (Babinsa), Koramil 1308 – 07 / Pagimana, Kopda Jeki Ajabae menyampaikan, rumah warga yang terendam banjir terdapat di Enam Desa. Yakni, Desa Bahingin, Desa Balean, Desa Uha Uhangon, Desa Kadodi, Desa Niubulan dan Desa Lobu.

“Untuk Desa Bahingin dan Balean air yang meluap kerumah warga sekitar 50 Cm, sedangkan Desa Uha Uhangon sekitar¬† unit 30 rumah dan 1 unit gereja terendam dengan ketinggian air capai 1 Meter. Sementara desa Kadodi, Niubulan 4 rumah dan Lobu 10 rumah yang terendam ketinggian air 20 Cm – 30 Cm” katanya.

Masih kata Jeki Ajabae, 30 unit rumah yang terendam di Desa Uha Uhangon, disebbakan tanggul jebol, sementara kondisi bangunan rumah berdiri di bekas jalan air. Sehingga ketika tanggul jebol air dengan cepat menggenangi pemukiman.

Banjir tersebut tidak menyebabkan korban jiwa, Namun kerugian materil dialami warga terdampak. Banjir.mulai surut sekitar pukul 20.00 Wita.

Saat ini warga yang mengungsi telah kembali ke rumah.

Ia, juga mengingatkan agar warga yang berada di bantaran sungai untuk waspada dengan adanya banjir susulan, mengingat kondisi cuaca saat ini masih terjadi hujan di wioayah pegunungan.

Liputan : Amad Labino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed