oleh

Gagalkan Balapan Liar, Polsek Batui Amankan Belasan Remaja dan Kendaraan

TOPIKTERKINI.Com, BANGGAI – Personil Polsek Batui (Polres Banggai), mengamankan 11 remaja dan 6 unit sepeda motor yang melakukan aksi balapan liar Minggu  (9/5/2021), sekitar pukul 02.00 Wita dini hari, di Res Area jalan lingkar Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

Kapolsek Batui, Iptu  IK Yoga Widata  menyampaikan, remaja yang terjaring razia tersebut bermula dari personil  Polsek Batui melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KYRD) dengan ber patroli diseputaran jalan lingkar. Setibanya di res area di temukan lebih dari 100 kendaraan roda dua yang ikut meramaikan rencana aksi balapan liar.

“Saat mobil patroli berhenti spontan saja, orang – orang langsung lari berhamburan” ungkap Iptu Yoga.

Personil yang sigap berhasil meringkus 11 remaja bersama enam unit kendaraan roda dua. Ke sebelas remaja dan enam unit motor langsung diamankan ke Mapolsek Batui.

Minggu sekitar pukul 09.00 Wita, Kapolsek Iptu Yoga, mengundang orang tua remaja tersebut  guna memberikan penjelasan seputar  status anak mereka yang terjaring razia balapan liar semalam. Dihadapan orangtua, Iptu Yoga menyampaikan, ke sebelas remaja tersebut diberikan hukuman pembinaan.

“Kita berikan penjelasan kepada orang tua mereka, kalau anak anak yang di duga melakukan kegiatan balap liar akan di berikan pembinaan dan melaksanakan wajib lapor 2 kali dalam seminggu.
Sedangkan untuk kendaraan akan di tilang dan menjalani proses sidang setelah lebaran “terang Yoga.

Untuk mengantisipasi pergaulan anak, terhadap orang tua diharapkan aktif memantau pergaulan pada malam hari.

“Saya harap orang tua ikut peduli memantau dan mencari keberadaan anaknya kalau sudah larut malam, hal ini sebagai antisipasi agar anak anak tidak salah dalam bergaul” pinta Yoga.

Dari keterangan pemuda yang berhasil amankan, tambah Yoga. Aksi balapan liar berasal dari Kecamatan Toili, Batui, Kintom dan Luwuk. Hanya saja, balapan tersebut belum berjalan pihaknya telah berhasil membubarkan.

Yoga menambahkan, kurun waktu Bulan Mei 2021 pihaknya telah mengagalkan dua kali aksi balapan liar di tempat yang sama.

Jalan lingkar Desa Uso sebut Yoga, tempat yang sangat strategis untuk dijadikan tempat balap liar selama bulan Ramadhan, karena lokasi jauh dari rumah penduduk serta lebar jalan dan aspal yang sangat bagus. Sehingga untuk mengantisipasi balap liar, pihaknya terus melakukan patroli di seputaran jalan lingkar.

“Remaja ini juga kita himbau untuk tidak mengulangi perbuatanya karena berbahaya untuk diri sendiri maupun orang lain dan dapat menggangu arus lalin. Lakukan lah hal positif di sepanjang bulan ramadhan dan dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Liputan : Amad Labino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed