oleh

Ephorus (emeritus) Pdt. S.A.E. Nababan, Tutup Usia

TOPIKTERKINI-JAKARTA-Suasana ketika Ompui Ephorus (emeritus) Pdt. S.A.E. Nababan, LID, disemayamkan, pada hari Senin, tanggal, 10 Mei 2021, di Graha Oikumene – PGI, Jakarta. Pdt. Dr. S.A.E. Nababan, LID meninggal wafat, pada hari Sabtu, 8 Mei 2021, dalam usia 88 tahun, di Jakarta.

Disemayamkan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, juga di Graha PGI, gedung kantor PGI, di Jakarta, dan di rumah kediaman Pdt. Dr. S.A.E. Nababan, LID, di Jakarta. Setelah itu diberangkatkan ke Sumut, untuk selanjutnya dimakamkan, pada hari Selasa, tanggal 11 Mei 2021.

Hadir beberapa Pimpinan dan fungsionaris MPH PGI beserta mantan Pimpinan dan Pengurus MPH PGI. Ada Ketua Umum MPH PGI Pdt. Gomar Gultom, Sekretaris Umum MPH PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty, Ketua Majelis Pertimbangan PGI Pdt. Henriette T. Lebang-Hutabarat (mantan Ketua Umum MPH PGI), Pdt. Richard Daulay (mantan Sekretaris Umum MPH PGI), Pdt. Wirakotan (mantan MPH PGI).

Ada sejumlah pelayat yang datang menghadiri Acara Seremonial dan Ritual Penghormatan dan Pelepasan S.A.E. Nababan, yang diselenggarakan oleh keluarga besar MPH PGI beserta staf dan PGI. Dihadiri atau diikuti secara online virtual oleh Sekretaris Jenderal (Eksekuif) Dewan Gereja-Gereja Asia (CCA), unsur Presiden (Presidium) dan Sekretaris Jenderal (Eksekutif) Dewan Gereja-Gereja Se-Dunia (DGD).

Hadir juga pimpinan dan pengurus berbagai ormas, lembaga-lembaga keumatan dan komunitas kelembagaan. Ada sejumlah para pelayat, antara lain : Theo Sambuaga (mantan Menteri Tenaga Kerja RI), Firman Jaya Daeli (Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia dan mantan Komisi Politik dan Hukum DPR-RI), Martin Hutabarat (mantan Ketua Fraksi Gerindra MPR-RI), Brigjen TNI Purn. Dokter Alex Ginting (mantan Staf Khusus Menteri Kesehatan RI), Dokter Alphinus Kambodji (Direktur Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta), Sigit Triyono (Pimpinan LAI), Dr. Badikenita Sitepu (Anggota DPD-RI yang juga Ketua Umum DPP PIKI), Mambe (Anggota DPD-RI yang juga mantan Ketua Umum PP GMKI), Audy WMR Wuisang (Sekretaris Jenderal DPP PIKI yang juga mantan Sekretaris Umum PP GMKI), Sahat M.P. Sinurat (Sekretaris Umum DPP GAMKI yang juga mantan Ketua Umum PO GMKI), Novelin Silalahi (Bendahara Umum PP GMKI).

Dalam beberapa foto dokumentasi ini, menunjukkan suasana di Graha Oikumene PGI, ketika Hotasi Nababan (putra sulung dari S.A.E. Nababan), sedang berkomunikasi dan berbincang dengan sejumlah pelayat, antara lain : Pdt. Gomar Gultom, Pdt. Jackvelyn Frits Manuputty, Theo Sambuaga, Firman Jaya Daeli, Martin Hutabarat. Juga suasana ketika para pelayat tersebut namanya di atas secara bersama-sama mengangkat dan membawa peti jenazah alm. Ompui Ephorus (emeritus) Pdt. Dr. S.A.E. Nababan, LID.

Berduka Cita mendalam atas wafatnya Ompui Ephorus (Emeritus) Pdt. Dr. S.A.E. Nababan, LID. Almarhum adalah seorang Pendeta senior, Teolog terkemuka, pemikir dan cendekiawan, bahkan juga aktifis, pejuang, dan pemimpin pergerakan keadilan, kesetaraan, perdamaian, demokrasi, dan HAM, pernah menjadi Sekretaris Umum MPH DGI (PGI), Ketua Umum MPH PGI, Ephorus HKBP, Pimpinan Dewan Gereja-Gereja Asia, Salah seorang Presiden (Presidium) Dewan Gereja-Gereja Se-Dunia, dan lain-lain.

 

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi dan memberkati keluarga yang ditinggalkan. Juga Diberi Penguatan, Penghiburan, dan Pengharapan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Selamat Jalan Ompui. Rest In Peace. Amin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed