oleh

LPW NTB Gencarkan Literasi Tingkatkan Desa

Topikterkini.com.BimaLembaga Pengembangan Wilayah (LPW) NTB gelar Diskusi dan melihat kondisi minat baca anak dan pemuda bersama Komunitas Literasi Desa dan pemuda di Desa Rite dan Desa Kole Kecamatan Amblawi Kabupaten Bima pada Sabtu, (15/5/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh direktur LPW NTB, Taufan Abadi, SH.MH. Direktur LPW NTB menjadi salah satu pembicara terkait peningkatan minat literasi untuk Komunitas Literasi dan mendorong peran pemuda membangun literasi pada tingkat Desa.

“Meningkatkan Literasi di NTB menjadi fokus dari rencana strategis dan road map LPW NTB pada tahun 2021,” Ujar, Taufan Abadi, S.H. M.H., Direktur LPW NTB.

“Literasi harus digerakkan dari tingkat terkecil, kami terus mendorong spirit literasi dari tingkat komunitas Desa, komunitas ini akan menjadi penghubung informasi,” Jelasnya.

“Modelnya bertukar informasi atau isu-isu aktual, Isu global , nasional dan daerah akan kami transfer dan begitupun sebaliknya, komunitas menyampaikan kondisi di tingkat Desa, ” Katanya.

Menurut Direktur LPW NTB, bentuk sosialisasi literasi yang diterapkan ditingkat Desa selama ini cukup kaku sehingga informasi sulit tersalurkan secara merata.

“Kami menyadari bentuk sosialisasi selama ini terlalu kaku dan cenderung tidak efektif, di kantor desa dan hanya melibatkan orang tertentu, dengan adanya komunitas, mereka yang akan meneruskan spirit literasi dengan penyampaian berbagai model, karena mereka yang benar-benar paham seluk belum desa, ” Cetusnya.

Pada kesempatan yang sama ketua Divisi Advokasi dan Hukum LPW NTB, Ade Setiawan mengatakan, sangat mendukung maksud dan tujuan dari gerakan Literasi LPW NTB yang ingin menguatkan masyarakat dari tingkat desa, ini akan menjadi gerakan yang besar kedepannya.

Ketua Komunitas Literasi Desa, El Pophut atau biasa disapa Ino berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan minat literasi pemuda dan masyarakat desa. Komunitas Literasi Desa juga akan membentuk rumah baca sebagai rencana strategis kedepan.

Kegiatan ini menjadi awal pergerakàn yang lebih masif untuk literasi kita di desa, target kita menaikan minat baca kita semua dan ada rumah baca, Tandasnya.

Laporan : Zaki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed