oleh

Malaysia dan Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan ‘kekerasan’ Israel

TOPIKTERKINI.COM – KUALA LUMPUR: Indonesia dan Malaysia pada hari Sabtu meminta Dewan Keamanan PBB untuk campur tangan dan menghentikan serangan Israel di Gaza, ketika konflik antara pasukan Israel dan militan Palestina berkecamuk.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan bahwa dalam percakapan telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, kedua pemimpin sepakat bahwa “tindakan tercela” Israel harus segera dihentikan.

“Kami memiliki pandangan yang sama bahwa masyarakat internasional, terutama Dewan Keamanan PBB, harus bertindak cepat untuk menghentikan segala bentuk kekerasan yang dilakukan oleh Israel, dan menyelamatkan nyawa warga Palestina,” kata Muhyiddin dalam pidato yang disiarkan televisi.

“Sampai saat ini, Dewan Keamanan PBB belum mengeluarkan pernyataan apapun tentang situasi terkini di Palestina karena adanya tentangan dari Amerika Serikat,” ujarnya.

Malaysia telah lama menjadi pendukung setia perjuangan Palestina, mendorong solusi dua negara berdasarkan perbatasan pra-1967.

Dewan Keamanan akan secara terbuka membahas kekerasan yang memburuk pada hari Minggu, kata para diplomat minggu ini. Dewan beranggotakan 15 orang itu telah bertemu secara pribadi minggu ini tentang permusuhan terburuk di kawasan itu dalam beberapa tahun, tetapi sejauh ini belum dapat menyetujui pernyataan publik, kata para diplomat.

Menteri luar negeri Iran membatalkan kunjungan dengan mitranya dari Austria untuk menunjukkan ketidaksenangan bahwa pemerintah Kanselir Sebastian Kurz telah mengibarkan bendera Israel di Wina untuk menunjukkan solidaritas, kata Kementerian Luar Negeri Austria pada hari Sabtu.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif seharusnya bertemu dengan Alexander Schallenberg tetapi membatalkan perjalanan itu, kata seorang juru bicara Schallenberg, membenarkan laporan di surat kabar Die Presse. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed