oleh

Kejati Sultra Teken MoU Bersama Perum Bulog. Ini Sambutannya

TOPIKterkini.com – KENDARI | Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) dengan Perum Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. MoU tersebut dilaksanakan di Aula Kejati Sultra, pada pukul 13:00. Selasa (18/05/2021).

“Nota kesepahaman MoU tersebut ditandatangani oleh Kajati Sultra Sarjono Turin, SH.,MH dan Ermin Tora, SP selaku Kepala Kantor Bulog Sultra serta disaksikan para Asisten di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, Kabid dan staf Perum Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara dan Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi Sulawesi”.

Dalam sambutan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara Sarjono Turin, SH.,MH mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik atas kepercayaan Perum Bulog Sulawesi Tenggara untuk mengadakan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara terkait dengan persoalan-persoalan hukum.

Ia juga menyampaikan, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan disebutkan selain mempunyai wewenang dibidang penuntutan Kejaksaan juga mempunyai wewenang di bidang keperdataan seperti memberikan bantuan hukum, pelayanan hukum dan pertimbangan hukum yang dilakukan oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN).

“Wewenang dibidang keperdataan tersebut bisa diberikan oleh Kejaksaan setelah adanya permohonan dari pihak-pihak yang disertai dengan kronologis dan bukti dukung. Baik melalui jalur Litigasi (melalui gugatan di pengadilan) dan juga melalui jalur Non Litigasi (Mediasi dan Negosiasi),” beber Kajati Sultra Sarjono Turin.

Kajati Sultra berharap janganlah nota kesepahaman (MoU) ini hanya sekedar formalitas saja, akan tetapi dapat dilanjutkan dengan adanya Surat Kuasa Khusus (SKK), harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Perum Bulog Sulawesi Tenggara, Ermin Tora, SP dalam sambutannya, menyampaikan Perum Bulog sebagai Badan Usaha Milik Negara banyak melakukan kegiatan pelayanan kepada masyarakat seperti menjaga ketersediaan stok, pengelolaan aset dan mengadakan ikatan-ikatan perjanjian dengan pihak lain atau stakeholder lain.

“Dengan adanya nota kesepahaman (MoU) ini diharapkan Perum Bulog Sulawesi Tenggara dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal,” tutupnya.

Laporan : Darman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed