oleh

AS mengancam akan memveto rancangan resolusi PBB di Timur Tengah

TOPIKTERKINI.COM – Amerika Serikat pada Rabu mengatakan tidak akan mendukung rancangan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diusulkan oleh Prancis yang menyerukan gencatan senjata Israel-Palestina, dengan mengatakan hal itu dapat merusak upaya untuk menurunkan krisis.

“Kami sudah jelas dan konsisten bahwa kami fokus pada upaya diplomatik intensif yang sedang dilakukan untuk mengakhiri kekerasan dan bahwa kami tidak akan mendukung tindakan yang kami yakini merusak upaya untuk menurunkan ketegangan,” kata juru bicara AS di PBB kepada AFP. .

Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa Washington siap untuk memveto proposal Prancis jika sampai pada pemungutan suara.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan mitranya dari Mesir Abdel Fattah El-Sisi, yang berada di Paris untuk KTT di Afrika, menyetujui resolusi tersebut dalam konferensi video dengan Raja Yordania Abdullah II, menurut sebuah pernyataan Selasa malam.

Dewan Keamanan telah gagal mengadopsi deklarasi sederhana tentang konflik tersebut, dengan Amerika Serikat, sekutu setia Israel, memveto tiga draf pernyataan sebelumnya yang diusulkan oleh China, Norwegia dan Tunisia yang menyerukan diakhirinya pertempuran.

Meningkatkan tekanan diplomatik pada AS, Prancis telah mengusulkan resolusi “singkat dan sederhana” yang menyerukan penghentian permusuhan dan akses untuk bantuan kemanusiaan.

Presiden AS Joe Biden pada hari Rabu mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa dia mengharapkan “penurunan yang signifikan” pada siang hari.

Serangan udara yang memekakkan telinga dan tembakan roket sekali lagi mengguncang Gaza dalam konflik yang telah, sejak 10 Mei, merenggut 219 nyawa Palestina menurut kementerian kesehatan Gaza dan menewaskan 12 orang di Israel menurut polisi Israel.

“Presiden menyampaikan kepada perdana menteri bahwa ia mengharapkan penurunan yang signifikan hari ini di jalan menuju gencatan senjata,” kata Gedung Putih setelah panggilan telepon keempat dalam waktu kurang dari seminggu. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed