oleh

Bersama Pemerintah, Kapolsek Biau Sponsori Perdamaian Warga 3 Desa  Yang Bertikai

Topikterkini.com.Buol – Pertikaian yang melibatkan 3 Desa di Kabupaten Buol yaitu Desa Tuinan, Desa Ilambe dan Desa Lamakan akhirnya berdamai yang dimotori oleh Kapolsek Biau Iptu Jaozi., Amd., Kep., bersama Pemerintah ketiga desa dan kesbangpol, Selasa (25/5/2021).

“Camat Lakea, Camat Keramat dan tiga desa yang bertikai mengucapkan terimakasih kepada Kapolres dan Kapolsek Biau yang telah memediasi rekonsiliasi perdamaian ini sehingga kami bisa berdamai dan melaksanakan Silatulrahmi,” ungkap mereka saat pertemuan yang dilaksanakan di Desa Ilambe Kecamatan Lakea dan seminggu sebelumnya juga telah di laksanakan pada Desa Lamakan Kecamatan Keramat Kabupaten Buol.

Dikabarkan sebelumnya terjadi konflik antara 3 Desa tersebut yang terjadi pada tanggal 13 Mei 2021, sehingga puluhan petugas TNI/Polri harus melakukan pengaman ketat, untuk antisipasi terjadinya gesekan antar kampung berkelanjutan.

Awalnya, terjadi kesalapahaman antara warga Desa Lamakan dan Warga Desa Tuinan gabungan Desa Ilambe yang saling adu mulut sehingga terjadi gesekan yang mengakibatkan salah seorang warga desa tuinan menjadi korban pemukulan setelah itu terjadi pembalasan yang dilakukan oleh warga Desa Tuinan dengan melakukan penikaman kepada warga Desa Lamakan yang melintas.

Permasalahan sontak membuat masyarakat ketiga desa tersebut bersitegang. Namun setelah dilakukan mediasi oleh Kapolres Buol yang didampingi oleh Kapolsek Biau dan Kesbang Pol Kabupaten Buol bersama Pemerintah Desa setempat dan dilakukan upaya rekonsiliasi akhirnya sepakat untuk melakukan perdamaian bertempat di Polsek Biau.

Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, S.I.K., melalui Kapolsek Biau Iptu Jaozi, Amd., Kep., mengatakan terimakasih kepada Pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda yang dapat bekerjasama dalam perdamaian ini sehingga bisa tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Kami berharap agar hal serupa tidak terulang kembali, mari kita jaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Buol yang kita cintai,” tutup Kapolsek Biau Iptu Jaozi., Amd., Kep.

Laporan: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed