oleh

Kelola Destinasi Wisata, Pemkab Bantaeng Butuh Alas Hukum

TOPIKterkini.com–Makassar:  Pengembangan kawasan wisata sebagai unggulan di Kabupaten Bantaeng dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memadai hal ini disampaikan Asisten 3 Setda Bantaeng saat memberi materi pelatihan tata kelola destinasi di salah satu Hotel dibilangan Sombaopu, Jumat 11/6/2021.

“Untuk mengelola destinasi wisata dibutuhkan SDM yang memadai inilah tujuan pelatihan hari ini” jelas Asruddin.

Setelah ini lanjut Asruddin, diharapkan muncul gagasan inovatif yang muncul dari peserta sebagai bahan dalam rangka penyusunan rencana strategis pemerintah yang akan melahirkan perda sebagai landasan hukum rencana strategis pengembangan wisata, paparnya.

Lebih jauh dikatakan Asisten 3 yang mewakili Bupati ini juga menuturkan perlunya disusun kalender wisata serta pengelolaan destinasi wisata itu sendiri.

Ditambahkan Asruddin bahwa untuk melaksanakan rencana yang telah disusun diperlukan kemitraan semua stakeholder yang ada, tambahnya.

Pelatihan berlangsung interaktif dengan munculnya bebagai pertanyaan dan gagasan dari peserta. Salah satu peserta yang mewakili pelaku usaha di wisata kuliner pantai seruni Ahmad, berharap meski negri ini masih dilanda Pandemi, pemerintah daerah ada inovasi dalam mendorong pengunjung wisata kuliner pantai seruni dikembalikan seperti sediakala, harapnya.

Selain itu dari peserta lainnya juga berharap ada pelatihan bagi pengusaha industri kreatif, agar ada inovasi menghadirkan souvenir yang dapat disuguhkan kepada pengunjung wisata.

Hal ini diakui pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Asruddin, masih minimnya bahkan nyaris tidak ada industri kreatif souvenir yang dapat dijadikan buah tangan bagi pengunjung wisata, akunya.

Dia juga berharap peserta pelatihan yang merupakan pengelola destinasi wisata dapat meningkatkan kemampuan diri, agar dapat memberikan masukan dalam rangka penyusunan arah kebijakan pemerintah dalam bentuk Perda rencana strategis pengembangan destinasi wisata, pungkasnya.

Laporan : Armin

Komentar

News Feed