oleh

Wabup Banggai Instruksikan Disdik Merangkul Seluruh Komponen Masyarakat Untuk Memajukan dan Melestarikan Budaya

Topikterkini.com.Banggai – Bupati Banggai Ir. H Amirudin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Ir. Abdulah Ali, M.Si, menghadiri sekaligus menerima penyematan pin Suku Andio dari Bosanyo Masama.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai tersebut dilaksanakan di Hotel Santika Kecamatan Luwuk Selatan, Rabu 7 Juli 2021.

Turut hadir Pimpinan Forkopimda, Kadis Pendidikan (selaku penyelenggara kegiatan), Kadis Kesbangpol, SekBan BKPSDM, Camat Masama, Bosanyo Masama, Pemerhati Budaya, Para Pemateri, Perwakilan Suku Andio dan Unsur Perangkat Suku Andio, serta tamu dan undangan sekalian.

Pada kesempatan ini Bupati Banggai melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai menyampaikan bahwa, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai menyambut dengan baik dan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan di miliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi, dalam perjalanan kehidupan manusia.

Daerah Kabupaten Banggai telah membawa sejumlah warisan budaya masa lalu yang sangat mempengaruhi dan memberi warna terhadap sikap perilaku serta pola kehidupannya. Pemajuan kebudayaan adalah upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya indonesia di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan.

Olehnya itu dalam upaya memenuhi amanat UU No. 5 Tahun 2017 Tentang pemajuan kebudayaan yang merupakan payung hukum bidang kebudayaan.

“Saya instruksikan agar Dinas Pendidikan merangkul semua Komponen masyarakat dari berbagai kalangan seperti seniman, budayawan, praktisi kesenian, dewan kesenian dan kebudayaan, akademisi bidang kebudayaan serta orang-orang yang memiliki keterkaitan pekerjaan dalam bidang kebudayaan untuk menyusun pokok pikiran kebudayaan Daerah Kabupaten Banggai,” pintanya

Menurut Wabub Banggai, pembahasan tentang pokok pikiran “Kebudayaan Suku Andio” ini merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan dari “Adat Babasalan” apalagi Kabupaten Banggai memiliki perspektif khusus tentang kebudayaan daerah baik dalam berprilaku, dalam berkesenian, dalam menjalankan syariat agama, dalam berpakaian dan dalam sistem birokrasi dan sebagainya.

Hal ini sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Banggai yaitu “Terwujudnya Banggai Maju, Mandiri dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal” serta pegejawantahan dari maksud tersebut tertuang dalam Misi Ke-5 Yaitu “Pengembangan Pariwisata Dan Budaya Serta Nilai Keagamaan.”

Olehnya itu Pemerintah Daerah mengharapkan agar program-program yang telah di sepakati dalam kegiatan ini dapat di laksanakan dengan baik dan memberi manfaat bagi pemajuan dan pelestarian budaya Kabupaten Banggai, tutup Sekda Kabupaten Banggai.

Selanjutnya kegiatan tersebut di lanjutkan dengan pemukulan Gong oleh Wakil Ketua 1 DPRD, Bathia Sisilia Hadjar, sebagai pertanda kegiatan di mulai. Kemudian kegiatan dilanjutkan penyematan Pin Suku Andio dari Bosanya Masama kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai dan di dampingi Para unsur Forkopimda.

Laporan: Afry

Komentar

News Feed