oleh

9 tewas ketika pesawat terjun payung jatuh di Swedia

TOPIKTERKINI.COM – SWEDIA: Sebuah pesawat kecil yang membawa para penerjun payung jatuh di luar kota Orebro di Swedia pada Kamis malam, menewaskan sembilan orang di dalamnya, kata polisi.

Korban tewas termasuk pilot dan delapan penumpang, kata polisi. Para korban adalah anggota klub skydiving lokal, menurut Gubernur Kabupaten Orebro Maria Larsson.

Juru bicara Carl-Johan Linde dari Administrasi Maritim Swedia, yang mengawasi lalu lintas udara, mengatakan kepada penyiar SVT bahwa kecelakaan itu pasti terjadi “sehubungan” dengan lepas landasnya pesawat.

Pesawat terbakar saat menabrak apa yang tampak seperti lapangan terbuka.

“Tidak ada nyawa yang harus diselamatkan,” kata kepala pemadam kebakaran setempat Per-Ove Staberyd, yang mengoordinasikan pekerjaan petugas pemadam kebakaran dan responden pertama lainnya.

Polisi menerima kabar tentang kecelakaan itu sesaat sebelum pukul 19:30. waktu setempat dan dengan cepat mengetahui bahwa itu adalah “insiden yang sangat serius,” kata wakil kepala polisi regional Niclas Hallgren, Jumat.

Dia mengatakan bahwa menyelidiki kecelakaan itu akan menjadi “pekerjaan yang sulit. Itu akan memakan waktu.”

Hallgren menolak memberikan rincian tentang para korban atau berspekulasi mengapa pesawat itu jatuh. Otoritas Investigasi Kecelakaan Swedia segera mengirim tim ke lokasi kecelakaan di luar Orebro, yang terletak 64 kilometer (102 mil) barat Stockholm.

“Sesuatu terjadi di tengah landasan. Pesawat tidak naik terlalu tinggi sebelum jatuh ke kiri pelarian,” kata Peter Swaffer, kepala departemen di Otoritas Investigasi Kecelakaan Swedia, kepada surat kabar harian Aftonbladet. Dia tidak menjelaskan.

Surat kabar Dagens Nyheter mengidentifikasi pesawat itu sebagai De Havilland DHC-2 Beaver bermesin tunggal yang digerakkan oleh baling-baling.
Perdana Menteri Stefan Lofven menulis di Twitter bahwa “dengan sangat sedih dan cemas” dia mendengar tentang kecelakaan itu, dan dia menyatakan “simpati terdalamnya.”

Bendera berkibar setengah tiang di Orebro, dan perdana menteri mengatakan dalam konferensi pers dadakan bahwa Jumat adalah “hari berkabung di Swedia.” – AN

Editor: Erank

Komentar

News Feed