oleh

Komandan tertinggi Houthi tewas dalam pertempuran baru di Yaman

TOPIKTERKINI.COM – ALEXANDRIA: Seorang komandan tinggi medan perang Houthi tewas pada hari Sabtu ketika pertempuran baru berkecamuk antara pasukan pemerintah Yaman dan pasukan yang didukung Iran di provinsi Al-Bayda, Marib dan Jouf.

Abu Yahya Al-Hanemi tewas dalam pertempuran sengit selama lima jam di distrik Al-Zaher, selatan provinsi Al-Bayda tengah.

Houthi melakukan serangan balik terhadap pasukan tentara dan suku sekutu di Al-Bayda, di mana loyalis mencetak kemajuan besar selama tujuh hari terakhir. Kementerian Pertahanan Yaman mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan pemberontak menderita banyak korban dan kehilangan peralatan militer dalam pertempuran untuk Al-Zaher.

Didukung oleh dukungan udara dari koalisi Arab, pasukan pemerintah pekan lalu melancarkan serangan untuk merebut kendali distrik di Al-Bayda, dan untuk mengurangi tekanan pada pasukan pemerintah lainnya yang memerangi serangan Houthi di provinsi tengah Marib.

Pasukan pemerintah menguasai petak wilayah di distrik Al-Zaher, dan mendorong lebih dalam ke daerah-daerah yang dikuasai Houthi di Al-Saoma dan Al-Hazemia, tenggara provinsi, setelah membunuh, melukai dan menangkap puluhan pejuang pemberontak.

Dengan menyerang Houthi di Al-Bayda, pemerintah Yaman telah berusaha untuk mengamankan provinsi tetangga seperti Lahj, Abyan, Shabwa dan Al-Dhale, mendorong ke provinsi lain yang dikuasai Houthi seperti Sanaa, Ibb dan Dhamar, dan melemahkan serangan Houthi di Marib, kata pejabat militer.

Pejabat setempat mengatakan bahwa pertempuran dapat meningkat di sana dalam beberapa hari mendatang karena Houthi dan pemerintah terus mendatangkan bala bantuan.

Di provinsi Marib, tempat pertempuran terberat, Kementerian Pertahanan Yaman mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan tentara dan suku melancarkan serangan terhadap Houthi di Lembah Halhalan dan Mezam Mas, timur laut provinsi, ketika pasukan pemerintah lainnya mendorong kembali serangan Houthi di Al-Mashjah dan Al-Kasara, sebelah barat kota Marib.

Di Jouf, juru bicara militer Rabia Al-Qurashi mengatakan kepada Arab News bahwa pasukan pemerintah memukul mundur serangan Houthi di wilayah Al-Jadafer, barat Hazem, ibu kota provinsi, dan beberapa Houthi tewas ketika sebuah pesawat tempur dari koalisi Arab menargetkan
kendaraan mereka. – AN

Editor: Erank

Komentar

News Feed