oleh

Jelang Idul Adha, Bupati Tolitoli Keluarkan Imbauan 

Topikterkini.com.Tolitoli –Menyikapi terjadinya penambahan penderita Covid-19 di Kabupaten Tolitoli, maka menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijiriah yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya mengeluarkan imbauan kepada seluruh Camat se Kabupaten Tolitoli.

Imbauan Bupati yang dikeluarkan tanggal 15 Juli 2021 itu berisi 7 poin penting yang mesti disikapi oleh seluruh ummat muslim di daerah ini untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Tolitoli.

Bupati Amran Hi.Yahya mengimbau seluruh Camat se Kabupaten Tolitoli agar menyampaikan kepada seluruh pengurus dan jamaah Masjid yang ada di wilayahnya melalui Kepala Desa / Lurah bahwa shalat Idul Adha dapat dilakukan secara berjamaah namun hanya di dalam Masjid dengan penerapan prokes yang lebih ketat yakni dengan mengatur jarak antar jamaah tidak kurang dari 1 (satu) meter, mengenakan masker secara baik dan benar (menutupi batang hidung hingga dagu) selama berada di dalam masjid, menyediakan tempat cuci tangan di tiap pintu Masjid, serta tidak mengizinkan jamaah yang memiliki gejala demam, flu, batuk dan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius masuk ke dalam Masjid.

Shalat Idul Adha, dilaksanakan sesuai dengan rukun Shalat dan khutbah Idul Adha disampaikan secara singkat paling lama 15 (lima belas) menit, menghindari terjadinya kontak fisik antar jamaah dan tidak berjabat tangan untuk bersalaman, tidak dibenarkan untuk melaksanakan Takbiran dengan melakukan konvoi di jalan-jalan atau dengan cara mengumpulkan jamaah dalam jumlah yang banyak.

Sedangkan saat penyembelihan hewan qurban, Bupati mengimbau hanya dihadiri oleh petugas penyembelih serta beberapa orang pengurus dan tidak memperkenankan calon penerima daging qurban untuk masuk dan berkerumun di area penyembelihan. Untuk pembagian daging kurban, dilakukan dengan cara diantar langsung oleh Pengurus atau Panitia.

Selain itu, seluruh masyarakat diharapkan agar meniadakan kunjungan rumah / ziarah untuk bersilaturrahmi. Upaya ini diharapkan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tolitoli.

Sumber: Prokopim Setdakab Tolitoli.

Laporan: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed