oleh

Petugas Damkar Serbu Sarang TAWON Raksasa di Dusun Keselet Utara

Topikterkini.com Selong Lombok Timur—Warga Dusun Keselet Utara Desa Keselet Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur NTB dibuat panik dengan keberadaan sarang Tawon Raksasa Se-ukuran sangkar Burung di sebuah bangunan Open milik Inaq Se’ah berhasil dimusnahkan oleh Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Lombok Timur Minggu Malam 18 Juli.

Komndan Peleton (Danton) Dua dari Dinas Pendam Kebakaran Kabupaten Lombok Timur Yuli Rahman saat ditemui di lokasi usai melakukan oprasi mengatakan dirinya menerima laporan masyarakat terkait adanya sarang Tawon Raksasa di Komplek bangunan Open di Dusun Keselet Utara Desa Keslet yang dianggap memgancam keselamatan warga sekitar.

“Anggota kami yang menerima laporan masyarakat, langsung turun ke lokasi” tegasnya.

Lanjut Rahman saat melaksanakan tugas di lapangan Ia mengerahkan sekitar 15 Personil dengan menyiapkan alat semprot dan racun serangga, kemudian Personil dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan Standar Operasional Perosedur (SOP) yang ada.

“Alhamdulillah pemusnahan Tawon berjalan lancar tanpa ada kendala di lapangan” ungkapnya.

Nasrullah Warga setempat yang menyaksikan pemusnahan Tawon menyampaikan rasa terima kasih kepada Petugas Pemadam Kebakaran Lombok Timur yang telah membantu masyarakat membasmi hewan mematikan tersebut.

“Terima kasih kepada Petugas Damkar sudah bergerak cepat membantu masyarakat” ucapannya.

Sementara itu Komndan Regu (Danru) Dua Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Lombok Timur Lalu Karihandi ditemui di lapangan mengatakan sebelum melakukan eksekusi terlebih dahulu Regunya melakukan pengamatan di lokasi guna mengatur strategi supaya misi oprasi berjalan dengan baik.

Sambung Karihandi kali ini sarang Tabuhan berada di posisi atas pentilasi Open, eksekusi di-lakukan pada malam hari mulai Pukul 19:30 selesai Pukul 20:00 WITA, pertimbangannya Serangga tidak aktif atau pasif jika malam hari, sarang Tawon Raksasa berukuran diameter 30 centimeter dengan panjang sekitar 40 centimeter atau se-ukuran sangkar burung.

“Pemusnahan dilakukan malam hari, proses eksekusi hanya berlangsung 3 menit selesai” tegas Karihandi.

Lanjut Komndan Regu (Danru) Dua Rescue yang akrab dipanggil Aldo, Barang Bukti (BB) berupa sarang Tabuhan yang berhasil dimusnahkan kemudian diamankan lalu dimasukan ke dalam karung dan di-isolasi, seratus persen populasi Tawon mati selanjutnya sarang Tawon dibawa ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Lombok Timur yang bermarkas di Sukamulia untuk dilakukan pemusnahan lebih lanjut.

“Sarang Tawon di-amankan untuk pemusnahan lebih-lanjut” Tutupnya.

Penulis: Febrians.

Komentar

News Feed