oleh

Bupati Jeneponto Launching Penyaluran Perdana Bantuan Beras PPKM

Topikterkini.com-Jeneponto | Bupati Jeneponto, H. Ishak Iskandar launching penyaluran perdana bantuan beras PPKM tahun 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Gudang Bulog Jeneponto, belum lama ini.

Kemudian Bupati didampingi Kapolres, Dandim, Sekda dan Kepala Cabang Perum Bulog Bulukumba melepas secara simbolis 3 (tiga) mobil truk pengangkut bantuan beras PPKM-PKH terdebut, dan selanjutnya disalurkan secara bertahap ke 11 (sebelas) Kecamatan.

Bantuan beras tersebut adalah merupakan program kolaborasi antara Perum Bulog dengan Pemerintah Daerah, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya dampak sosial dan ekonomi masyarakat akibat pendemi.

Sebagaimana diketahui, bahwa dampak pandemi covid-19 tidak hanya berimbas pada kesehatan saja, tetapi juga pada sektor vital lainnya, yakni sosial dan Ekonomi masyarakat.

Kepala Cabang Perum Bulog Bulukumba, Ervyna Zulaiha dalam sambutannya menyampaikan, program tersebut didasarkan pada surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor : 511.2/4014/SJ tentang penyaluran beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahun 2021.

Menurut data yang disampaiakan Ervina Zulaiha, bahwa secara nasional sebanyak 10 juta KPM PKH dan 10 juta KPM BST lebih khusus pemerintah daerah Jeneponto mendapatkan bantuan sebanyak 35.555 jiwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Perum Bulog bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Jeneponto akan menyalurkan bantuan beras yang bersumber dari APBN kepada 35.555 jiwa KPM. Sasaran kegiatan sesuai data KPM PKH dan KPM BST yang tercatat dalam data kemensos (by name by adress),” jelas Ervina.

Lanjut Ervina menjelaskan, bahwa sebanyak 24.864 jiwa KPM PKH dan 10.691 jiwa KPM BST, total 35.555 jiwa dengan masing-masing KPM mendapatkan jatah 10 kg beras.

Sementara Bupati Iksan Iskandar disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Pemimpin Bulog yang telah bersedia menjadikan Kabupaten Jeneponto sebagai salah satu daerah penerima bantuan.

Dikesempatan itu Bupati juga mengharapkan agar ditengah pemberlakuan kebijakan PPKM, ketersediaan stok pangan masyarakat tetap terpenuhi.

“Terimakasih kepada Pemimpin Bulog atas kolaborasinya, saya berharap kebutuhan pangan masyarakat ditengah pandemi ini tetap terpenuhi,” ucap Bupati.

Ditempat terpisah, Kepala Gudang Perum Bulog Jeneponto mengatakan, bahwa pihaknya belum melakukan penyaluran karena menunggu hasil konfirmasi PKH dengan Kepala Desa.

“Kita tunggu dulu hasil konfirmasi PKH dengan Kepala Desa baru disalurkan,” katanya kepada Topikterkini.com 18/7/2021.

Lanjut Kepala Gudang Perum Bulog Jeneponto mengungkapkan, bahwa adapun bantuan beras PPKM-PKH yang akan disalurkan ke 11 Kecamatan itu, sebanyak kurang lebih 355 ton.

“Kita mampu untuk melayani, karena kita masih memiliki stok beras di gudang kurang lebih 1.600 ton,” ungkapnya.

Laporan : Andi. Baso Pangerang WMG

Komentar

News Feed