oleh

Korban serangan udara Turki di Irak naik menjadi 8

TOPIKTERKINI.COM – IRAK: Korban tewas dalam serangan udara Turki di sebuah klinik di provinsi Sinjar Irak telah meningkat menjadi delapan, pejabat setempat mengatakan Rabu, sehari setelah serangan itu.

Turki secara teratur menargetkan Irak barat laut dalam operasi melawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dianggap Ankara sebagai organisasi teroris.

Separatis Kurdi telah melancarkan pemberontakan selama puluhan tahun melawan Turki dan mempertahankan pangkalan di pegunungan terjal di seberang perbatasan di Irak.

“Jumlah martir dalam pemboman Turki adalah delapan,” kata para pejabat di Sinjar, memperbarui jumlah korban awal tiga.

Mereka yang tewas adalah empat karyawan klinik dan empat pejuang dari Brigade ke-80 yang terkait dengan PKK dari koalisi Hashed Al-Shaabi yang disponsori negara dan disponsori negara.

Brigade ke-80 terdiri dari minoritas Yazidi Irak, yang dianiaya oleh kelompok Daesh dari tahun 2014 dan yang bentengnya adalah Sinjar.

Satu sumber lokal mengatakan drone digunakan dalam serangan itu.

Pada hari Senin, serangan Turki lainnya menewaskan seorang pejabat senior dari Brigade ke-80.

Serangan Turki yang berulang telah memicu ketegangan dengan Baghdad, tetapi Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memperingatkan bahwa negaranya akan “menghadapi” kehadiran PKK jika Irak tidak dapat melakukannya.

Irak secara teratur mengecam pelanggaran kedaulatannya dan telah berulang kali memanggil duta besar Turki atas kampanye militer lintas perbatasan Ankara.

Pada hari Rabu, dewan keamanan nasional Irak, yang diketuai oleh Perdana Menteri Mustafa Al-Kadhimi, mengeluarkan pernyataan yang mengutuk “tindakan militer sepihak, yang melanggar prinsip-prinsip bertetangga yang baik.”

Tidak menyebutkan secara spesifik tentang Turki, PKK atau serangan baru-baru ini, pernyataan itu juga menolak “penggunaan tanah Irak untuk menyelesaikan masalah.”

Turki telah memasang sekitar selusin pangkalan militer selama 25 tahun terakhir di wilayah otonomi Kurdi Irak, dan meluncurkan serangan lintas batas baru di musim semi terhadap PKK, yang terdiri dari serangan udara dan darat.

Ankara adalah salah satu mitra dagang utama Baghdad. – AN

Editor: Erank

Komentar

News Feed