oleh

Diselimuti misteri, Inilah Pemimpin Taliban

TOPIKTERKINI.COM – KABUL: Pemimpin gerakan Taliban berkumpul pada Sabtu (21) di Kabul untuk melakukan pembicaraan dengan para pejuang dan veteran politik tentang pembentukan pemerintah hanya seminggu setelah pengambilalihan di Afghanistan.

Cara kerja internal dan kepemimpinan gerakan ini diselimuti misteri, tetapi berikut adalah pengenalan singkat tentang para pemimpin kunci dari kelompok Islam radikal ini.

– Haibatullah Akhundzada, pemimpin tertinggi –

Mullah Haibatullah Akhundzada diangkat sebagai kepala Taliban pada Mei 2016 dalam transisi cepat, beberapa hari setelah serangan pesawat tak berawak di Amerika Serikat menewaskan pendahulunya, Mansur Akhtar.

Sebelum pengangkatannya, sedikit yang diketahui tentang Akhundzada, seorang tokoh agama yang bijaksana yang berfokus pada masalah peradilan. Perannya di garis depan gerakan dianggap lebih simbolis daripada operasional.

Akhundzada dengan cepat memperoleh sumpah setia dari Ayman al-Zawahiri, pemimpin al Qaeda.

Dia memiliki misi rumit untuk menyatukan Taliban, terkoyak oleh perjuangan keras untuk mendapatkan kekuasaan setelah kematian Mansur dan pengungkapan bahwa mereka telah menyembunyikan selama bertahun-tahun kematian pendiri gerakan, Mullah Omar.

Pemberontak berhasil menjaga kelompok itu tetap bersama dan terus menjaga kerahasiaan, membatasi dirinya untuk menyiarkan pesan-pesan tahunan yang langka pada hari-hari besar Islam.

– Mullah Baradar, salah satu pendiri –

Diselimuti misteri, Inilah Pemimpin Taliban
2 dari 3 pendiri dan kepala negosiator Taliban, Abdul Ghani Baradar (kanan), di Doha pada 18 Juli 2018 – AFP

Abdul Ghani Baradar adalah salah satu pendiri Taliban bersama dengan Mullah Omar, yang meninggal pada 2013, tetapi kematiannya disembunyikan selama dua tahun.

Seperti banyak orang Afghanistan, hidupnya dibentuk oleh invasi Soviet 1979, yang menjadikannya seorang mujahidin, seorang pejuang fundamentalis Islam.

Pada tahun 2001, setelah intervensi AS dan jatuhnya rezim Taliban, ia adalah bagian dari sekelompok kecil pemberontak yang bersedia menyetujui kesepakatan yang mengakui pemerintah Kabul. Namun inisiatif ini tidak berhasil.

Abdul Ghani Baradar adalah komandan militer Taliban ketika dia ditangkap pada 2010 di Pakistan. Dia dibebaskan pada 2018, terutama di bawah tekanan dari Washington.

Didengar dan dihormati oleh faksi-faksi Taliban yang berbeda, ia diangkat sebagai kepala kantor politiknya, yang berlokasi di Qatar.

Dari negara Teluk, ia memimpin negosiasi dengan Amerika, yang berujung pada penarikan pasukan asing dari Afghanistan.

– Sirajuddin Haqqani, kepala jaringan Haqqani –

Putra seorang komandan jihad anti-Soviet terkenal, Jalaluddin Haqqani, Sirajuddin adalah orang nomor dua Taliban dan kepala jaringan Haqqani.

Jaringan yang didirikan ayahnya ini diklasifikasikan sebagai teroris oleh Washington, yang selalu menganggapnya sebagai faksi pertempuran paling berbahaya yang dihadapi pasukan AS dan NATO dalam dua dekade terakhir di Afghanistan.

Dia juga dituduh telah membunuh beberapa pejabat tinggi Afghanistan dan menyandera orang Barat untuk mendapatkan tebusan atau menahan mereka, seperti perwira militer AS Bowe Bergdahl, yang dibebaskan pada tahun 2014 dengan imbalan lima tahanan Afghanistan di penjara Guantanamo.

Dikenal karena kemandirian mereka, keterampilan tempur dan hubungan yang bermanfaat, Haqqani diyakini memimpin operasi di daerah pegunungan di Afghanistan timur dan akan memiliki pengaruh besar pada keputusan gerakan.

3 dari 3 pendiri dan kepala perunding Taliban, Abdul Ghani Baradar, di Doha pada 18 Juli 2021 - AFP
Diselimuti misteri, Inilah Pemimpin Taliban

– Mullah Yaqub, pewaris –

Putra Mullah Omar, Yaqub adalah kepala komisi militer Taliban yang kuat, yang memutuskan arah strategis perang melawan Eksekutif Afghanistan.

Leluhur dan ikatannya dengan ayahnya, yang dipuja sebagai pemimpin rezim Taliban, membuatnya menjadi sosok pemersatu dalam gerakan yang luas dan beragam.

Spekulasi tentang peran tepatnya dalam pemberontakan terus berlanjut. Beberapa analis percaya penunjukannya untuk memimpin komisi ini pada tahun 2020 hanya simbolis. – (istoedinheiro)

Editor: Erank

Komentar

News Feed