oleh

DEMI KESELAMATAN PENGENDARA, SATLANTAS POLRES LOTIM GENCAR HIMBAU SOPIR TRUK OVERLOAD

Topikterkini.com Selong Lombok Timur NTB— Demi mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas dan keselamatan dalam berkendara, Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Timur NTB terus menghimbau kepada seluruh pengendara dan sopir Truk yang kelebihan muatan atau Overload di jalan Sikur menuju Mataram Sabtu 28 Agustus 2021.

Kasat Lantas Polres Lotim AKP Rita Yuliana SIK, M.M saat ditemui di-lokasi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menghimbau masyarakat khsusunya kepada pengemudi Truk supaya lebih berhati-hati agar tidak membawa barang atau muatan yang berlebihan atau Overload, himbauan ini dilakukan demi keselamatan kita semua para pengguna jalan.

“Kita himbau para pengemudi Truk untuk berhati-hati agar tidak membawa mutan secara berlebihan atau overload untuk menekan angka kecelakaan” jelasnya.

Dikatakannya akibat kendaraan yang Overload atau kelebihan muatan bisa menyebabkan rem blong, rusaknya Infrastruktur jalan sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu-lintas dan dapat merugikan orang lain.

Lebih rinci Kasat Lantas Polres Lotim AKP Rita Yuliana SIK, MM didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Lotim IPDA Dhira Wira Prasasta S.Tr.K menegaskan, bagi para sopir yang tidak taat aturan berlalu-lintas akan di-tindak tegas sesuai aturan yang berlaku yang berbunyi.

Pasal 307 UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam pasal 169 (1) di-pidana dengan kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000

Lanjut Rita apabila ada yang melanggar pihaknya akan menindak tegas, berdasarkan aturan tersebut, Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Timur tetap menghimbau kepada pengemudi Truk untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan barang sesuai kapasitas muatan dan memperhatikan situasi dan kondisi badan jalan.

Pengemudi Truk Akhyar Rosidi yang kedapatan mengangkut tembakau kering dengan muatan berlebihan, Overload terpaksa diberhentikan sementara untuk di-himbau oleh petugas agar tidak membawa barang secara berlebihan untuk mewujudkan keselamatan bersama dan pemeriksaan dokumen kelengkapan berkendara seperti SIM dan STNK.

“Saya di-himbau, agar berhati-hati dan kurangi muatan berlebihan demi keselamatan kita. Bagus, itu tandanya Polisi perhatian sama pengemudi” ucap Akhyar.

Penulis: Febrians

Komentar

News Feed