oleh

332 Kelompok Tani di Bantaeng Terima Bantuan Benih Jagung

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin serahkan secara simbolis bantuan benih kepada beberapa kelompok tani di kantor Lurah Bonto Langkasa, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Jumat, 3/9/ 2021.

Benih yang diberikan ini adalah benih jagung berkualitas yang bisa meningkatkan produksi dan lebih cepat panen.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng, Budi Taufiq mengatakan, secara keseluruhan ada total 95 ton benih jagung berkualitas yang akan diberikan di delapan kecamatan di Bantaeng. Benih ini dibagikan secara gratis di setiap kecamatan secara bertahap. Total kelompok tani yang akan menerima bantuan ini mencapai 332 kelompok tani. Luas lahan yang akan ditanami mencapai 6.300 hektare.

“Benih-benih ini akan kita berikan kepada kelompok tani yang benar-benar menanam palawija di musim tanam ketiga ini,” jelas dia.

Dia menambahkan, khusus di Kecamatan Bissappu, jumlah kelompok tani yang menerima bantuan benih gratis ini juga cukup besar. Total ada sebanyak 68 kelompok tani yang tersentuh bantuan benih gratis berkualitas ini. Luas tanam benih jagung ini mencapai 1.264 hektare dari total ada 6.000 hektare lahan pertanian yang ada di Kecamatan Bissappu.

“Seperti kita ketahui, Kecamatan Bissappu ini tidak semua menanam palawija untuk musim tanam ketiga ini. Ada kacang-kacangan, jagung, malah ada yang tetap menanam padi,” jelas dia.

Lebih lanjut dikatakan, secara infrastruktur, areal tanam di Kecamatan Bissappu sebagian besar dapat tersentuh dengan irigasi pengairan. Oleh karena itu, dia memperkirakan, tidak semua petani di Kecamatan Bissappu akan menanam jagung di musim tanam terakhir ini.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, bantuan benih gratis dan berkualitas ini adalah bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Bantaeng untuk melindungi petani. Dia berharap, bantuan ini dapat meringankan beban petani yang akan menanam pada masa Oktober-Maret ini.

Dia menyebut, pada masa Pandemi Covid-19 ini, pertanian adalah salah satu sektor yang tetap produktif meski berada pada ruang keterbatasan. Oleh karena itu, dia menaruh rasa hormat kepada semua petani yang ada di Bantaeng.

“Saya menaruh rasa hormat atas komitmen dan konsistensi kepada semua pihak yang masih mau beraktivitas di sektor pertaian ini,” jelas dia.

Khusus untuk kecamatan Bissappu, Bupati bergelar doktor pemerintahan ini mengaku telah berupaya untuk memperbaiki irigasi Panaikang I yang sempat rusak akibat banjir, beberapa bulan yang lalu. Dia mengatakan, perbaikian infrastruktur ini, segera dilakukan melalui anggaran APBD Perubahan.
“Saya sudah berkoordinasi dengan PU dan pengairan untuk segera memperbaiki kerusakan ini pada APBD Perubahan agar semua petani tidak terganggu dari dampak kerusakan ini,” jelas dia.

Sekedar diketahui, sehari sebelumnya, bupati peraih penghargaan ketahanan pangan nasional ini juga menyerahkan bantuan benih gratis di Desa Mappilawing, Kecamatan Eremerasa. Di tempat ini, ada 11 ton benih yang diberikan kepada petani di berbagai desa di kecamatan itu.

Laporan : Humas Pemkab.
Editor. : Armin

Komentar

News Feed